The Analysis of Pedagogical Competence of The English Teachers’ of The Third Grade Students at SMA Negeri 3 Banda Aceh

Abstract

Penelitian ini mencoba menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Ada enam kompetensi pedagogik yang perlu dikuasai oleh seorang guru. Mereka memahami subjek dalam pelajaran bahasa Inggris, kemampuan dalam memahami siswa, kemampuan dalam menetapkan dan menerapkan rencana pelajaran dan strategi pembelajaran, kemampuan dalam menciptakan pembelajaran pendidikan dan dialogis yang interaktif, memanfaatkan teknologi pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran . Dengan demikian, penelitian ini fokus pada kompetensi pedagogik guru yang terdiri dari enam komponen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan peneliti menggunakan observasi, kuesioner, dan analisis dokumen sebagai metode pengumpulan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah guru bahasa Inggris memiliki semua komponen dalam kompetensi pedagogis dan untuk mengetahui perspektif siswa tentang kompetensi pedagogis guru. Hasil penelitian adalah guru bahasa Inggris memiliki semua komponen kompetensi pedagogis. Berdasarkan pengamatan, analisis dokumentasi, dan data kuesioner menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris memiliki kemampuan dalam memahami subjek dalam pelajaran bahasa Inggris, kemampuan dalam memahami siswa, kemampuan dalam menetapkan dan menerapkan rencana pelajaran dan strategi pembelajaran, kemampuan dalam menciptakan pembelajaran pendidikan dan dialogis yang interaktif, memanfaatkan teknologi pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran