MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI TARBIYATUS SHIBYAN JADUNG DUNGKEK SUMENEP

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan seluruh warga sekolah untuk memberikan keputusan baik-buruk, keteladanan, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari- hari dengan sepenuh hati. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan model pembelajaran pendidikan karakter di MTs Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep; (2) mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter di MI Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep; (3) menemukan faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter di MI Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di MI Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru siswa dan orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, obeservasi, dokumentasi serta dianaliasis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, pengorganisasian data, display data dan kesimpulan.