Main Article Content

Soepandi
Hendrian Yonata

Abstract

Konsep pendidikan Buddhis terminology “Sikkha” (education) dalam pengertian Buddhis manusia adalah makluk belajar. Seluruh kehidupan sebagai proses belajar. Buddhisme merupakan suatu “Sistem Pendidikan” dengan gagasan bahwa manusia memiliki potensi untuk benar-benar membebaskan diri dari semua penderitaan melalui pemahaman benar (sammaditthi). Penekanan pendidikan Buddha mengajar anak-anak cara belajar, cara menikmati belajar, untuk mencintai kebijaksanaan demi kepentingannya sendiri. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan suatu stategi inquiry yang menekankan pencarian makna, pengertian, konsep, karakteristik, gejala, symbol, maupun deskripsi tentang suatu fenomena, fokus dan multimetode, bersifat alami dan holistik; mengutamakan kualitas, menggunakan beberapa cara, serta disajikan secara narratif. para peserta didik muda mudi yang datang ke Cetya Trisaranagamana adalah mereka yang sebagian datang belajar atas dasar ajakan orang lain (orang tua), dan sebagian kecil adalah hasil inisiatif diri sendiri (angket no.1 sebesar 43%)

Article Details

References
Ali, Rahmad. 2009. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Teras
Azhar Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Chabib Thoha, dkk. 1998. PBM-PAI di Sekolah, Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang Bekerjasama Dengan Pustaka Pelajar
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Djaali. 2008. Psikoligi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ernest R. Hilgard & Gordon H. Bower. 1966. Theoris Of Learning. New Tork: Meredith Publishing Company
Hamdni. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Ilham, D. (2020). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(2), 179-188. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/22
Lester D Crow. 1999. Human Development and Learning. New York: American Book Company
Marsudi. 2016. Penerapan Model Konstruktivistik Dengan Media File Gambar 3D Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Hasil Belajar Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, Volume 23, Nomor 1,
Mehm Tin Mon. 2012. The essence of Buddha Abhidhamma. Edisi revisi. Yayasan
Hadaya Vatthu-Jakarta
Mudhoffir. 1992. Teknologi insruksinal. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhibin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Belajar Edisi Revisi. VII. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar Ed. 2. Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara Ngalim Purwanto. 2006 Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja rosdakarya
Oemar Hamalik. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.
Popi Sopiatin. 2010. Manajemen Belajar Berbsis Kepusan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach)
Yogyakarta: Deepublish.
Saifuddin Azwar. 2002. Tes Prestasi (Edisi II) Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Sayful Bahri Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Soemanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka
Sudarwan Danim. 2010. Media Komuniksi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Sumadi Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
The Liang Gie. 1994. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.Wasty
Tawardjono Us, Sudiyanto, dan Kir Haryana 2010. Problematika Penyelesaian Proyek Akhir Bagi Mahasiswa Program Diploma 3 Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNY. 2010. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, Volume 19, Nomor 1, Mei
Wijoyo, H. Peranan Lohicca Sutta Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Dosen DI STMIK Dharmapala Riau. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 315-322.
Wijoyo, H., & Surya, J. (2017). Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental umat buddha vihara dharma loka pekanbaru. School education journal pgsd fip unimed, 10(2), 121-130.
Winarno. 2013. Metode Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana