MELALUI PENERAPAN METODE EXPLICIT INTRUCTIONS DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 BANGSRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi melalui metode explicit intructions pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Bangsri. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 34 siswa. Waktu penelitian dilakukan selama 3 bulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa dan dokumen. Metode pengumpulan data dalam penelitian observasi, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis mengalir. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi dapat dilakukan melalui metode Explicit Intructions pada siswa kelas IV SDN 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini ditandai hasil perolehan nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran IPS yang selalu mengalami peningkatan dari sebelum tindakan dan setelah tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 65, siklus I 69, siklus II 74 dan siklus III rata-rata 80, dengan demikian penelitian ini dimana setiap siklus selalu mengalami peningkatan prestasi secara signifikan, sehingga penelitian ini dapat diterima sebagai penelitian tindakan kelas untuk perbaikan pembelajaran.