Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode CPDL (Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan) pada Siswa Kelas VIII G SMPN 5 Mandai

  • Yahya Muhaimin SMK Penerbangan An-Nas
Keywords: Metode CPDL, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada konsep kubus dan balok melalui metode CPDL (Ceramah plus demonstrasi dan latihan pada siswa kelas VIII G SMPN 5 MANDAI. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mengacu pada model spiral yang diawali dengan perencanaan (planning), pelaksanaan (acually), Observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan refleksi (reflective). penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. setiap siklus diadakan tes akhir siklus. penekanan utama dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar. data dikumpulkan dengan melalui observasi dan tes setiap akhir siklus. penelitian ini dianalis melalui analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada konsep kubus dan balok setelah penerapan Metode CPDL (Ceramah plus demonstrasi dan latihan).

Hasil analisis hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan 17 orang (47,22%) siswa yang mencapai nilai 75 keatas, dan 19 orang (52,78%) siswa siswa yang mencapai nilai kurang dari 7. akhir siklus II dari 36 siswa, 35 orang (97,22%) siswa telah mencapai nilai 75 keatas, dan hanya 1 orang (2,78%) yang mencapai nilai kurang dari 75. kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada konsep kubus dan balok dapat ditingkatkan dengan Metode CPDL (Ceramah plus demonstrasi dan latihan), sehingga Metode ini layak dikembangkan dan diaplikasikan pada siswa kelas VIII SMP khususnya di Kabupaten Maros.

Kata Kunci: metode CPDL, hasil belajar, matematika.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Metodologi Penelitian. Bandung: Unila. Diakses pada http://digilib.unila.ac.id/392/11/BAB%20III.pdf tanggal 10 Maret 2018.

Darajat, Zakiah dkk. (1985). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah. (2001). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, R. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka cipta.

Hamalik, Oemar. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hasniar. (2013). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION(GI) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 178 INPRES BONTOA KECAMATAN MANDAI KABUPATEN MAROS. Maros: Hasniar.

Margono. (1997). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nirfayanti, N. (2017). PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 MAKASSAR. Jurnal Kompetensi, 11(1), 35-44.

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstansi Keadaan Masa Kini menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Depdikbud.

Sudjana. (1989). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Tindakan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukino. (2006). Matematika KTSP. Ciracas: Erlangga.

Tayar, Yusuf dan Syaiful Anwar. (1995). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Published
2020-06-22
How to Cite
Muhaimin, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode CPDL (Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan) pada Siswa Kelas VIII G SMPN 5 Mandai. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.551
Section
Pendidikan Matematika