Peningkatan Pengetahuan Mengoptimalkan Pembelajaran dengan Alat Peraga Teorema Pythagoras

  • Khadijah Khadijah STKIP Pembangunan Indonesia
Keywords: Alat Peraga, Teorema Pythagoras, Guru

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggali ketertarikan guru dalam menggunakan alat peraga untuk mengoptimalkan pembelajaran dan bagaimana peningkatan pengetahuan guru-guru SMP Kabupaten Maros dalam penggunaan alat peraga Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilakukan pada guru-guru SMP di Kabupaten Maros. Subjek penelitian sebanyak 10 orang guru. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pengamatan langsung, angket respon guru dan dokumentasi. Hasil pengamatan langsung, respon guru dan dokumentasi dianalisis dengan menghitung persentase respon guru dan interpretasi hasil analisis. Hasil penelitian diperoleh peningkatan pengetahuan mengoptimalkan pembelajaran dengan alat peraga dengan skor rata-rata respon sebesar 4,3 dari rentang skor 1 sampai 5 atau dalam persentase sebesar 86 % yang menunjukkan guru-guru setuju dengan tingginya peningkatan pengetahuan dalam mengoptimalkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Respon guru-guru tersebut menunjukkan besarnya ketertarikan mereka dalam menggunakan alat peraga. Terdapat 8 dari 10 orang guru atau 80 % guru-guru SMP yang mampu menggunakan alat peraga Teorema Pythagoras. Hal ini menunjukkan adanya ketertarikan dan peningkatan pengetahuan guru-guru SMP Kabupaten Maros dalam penggunaan alat peraga Teorema Pythagoras untuk mengoptimalkan pembelajaran.

References

Alrajeh, T.S., & Shindel, B.W. (2020). Student Engagement and Math Teachers Support. Journal on Mathematics Education, 11(2), 167-180. http://doi.org/10.22342/jme.11.2.10282.167-180

Anidityas, Nurfa Anung, dkk. 2012. Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia pada Kualitas Belajar Siswa SMP Kelas VIII. UNNES Science Education Journal. 1(2), 61-69.

Endang, D. (2017). Efektivitas model pembelajaran PBL berbantuan media kokami ditinjau dari gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Aksioma, 8(2), 68-76.

Firdayati, L. (2018). Penggunaan Alat Peraga Sulingpusling pada Materi Sudut Keliling dan Sudut Pusat Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 210-220.

Fujiati, I. (2014). Keefektifan model pogil berbantuan alat peraga berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3).

Handayani, I. (2017). Efektifitas Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Think-talk-write (Ttw) dengan Berbantu Cabri II Plus 1.4 dan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Segitiga dan Segi Empat Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 41-55.

Khadijah. (2010). Pengembangan Software Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Tidak diterbitkan.

Muna, Izza Auliyatul. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa PGMI pada Konsep Hukum Newton Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Cendekia, 13(2), 309-322.

Murniasih, T. R. (2016). Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Teorema Pythagoras. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 142-152). Penerbit CV. Bintang Sejahtera.

Naim, Ngainun. (2011). Menjadi Guru Inspiratif (Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa). Yogyakarta: Pustaka.

Putra, Ilham Eka. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal Teknoif, 1(2), 20-25.

Sutiarso, S., Coesamin, C., & Nurhanurawati, N. (2018). The Effect of Various Media Scaffolding on Increasing Understanding of Students’geometry Concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 95-102.

Suwardi, dkk. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Humaniora. 2(4), 297-305.

Published
2020-06-25
How to Cite
Khadijah, K. (2020). Peningkatan Pengetahuan Mengoptimalkan Pembelajaran dengan Alat Peraga Teorema Pythagoras. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 21-29. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.581
Section
Pendidikan Matematika