Efektivitas Metode Problem Solving dengan Model Polya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika

  • Ernawati Ernawati Universitas Muslim Maros
  • Pertiwi Indah Lestari Universitas Muslim Maros
Keywords: Metode Problem Solving, Model Polya, Efektifitas

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental. Dengan tujuan untuk mengerahui apakah metode problem solving model polya efektif terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaiakan soal cerita  matematika. Adapun rancangan penelitian ini berbentuk One Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan perlakuan pada objek penelitian dengan melibatkan satu kelas saja sebagai kelas eksperimen tanpa variabel kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 tepatnya pada bulan Februari - April 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Maros Baru.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan metode problem solving model Polya dalam menyelesaikan soal cerita matematika dikategorikan aktif, untuk kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan metode problem solving model Polya dikatakan baik,  respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode problem solving model Polya dalam menyelesaikan soal cerita matematikadikategorikan positif, sedangkan untuk hasil ketuntasan siswa secara klasikal pada pembelajaran yang menggunakan metode problem solving model Polya dalam menyelesaikan soal cerita matematikajuga dikategorikan tuntas. Sesuai dengan syarat keefektifan pembelajaran yaitu suatu pembelajaran dikatakan efektif jika dari empat aspek yang ditentukan telah dipenuhi, dengan syarat satu dan empat harus dipenuhi, maka dari uraian hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode problem solving model Polya dalam menyelesaikan soal cerita matematikapada materi pokok persamaan linear tiga variabel kelas X SMA Negeri 11 Maros Baru dikatakan efektif.

References

Akhriani. (2014). Komparasi Keefektifan Pendekatan Problem Posing dan pendekatan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika Pada siswa Kelas VIII A SMP LPP Umi Makasar. PPS UNM .

B. Uno, H., & Mohamad, N. (2014). Belajar dengan Pendekatan Pailkem: Pembelajaran Aktif, inivatif, lingkungan, Kreatif, efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Biga, N. (2013). Deskripsi Bentuk-Bentuk Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Volum Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas V SDN 1 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bulango. Skripsi tidak dipublikasikan.

Dewi, S. K., Suardjana, & Sumantri. (2014). Penerapan Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD , 2 (1), 77-89.

Ernawati, & Nasir, A. M. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Sochrates Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Statistik Dasar. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika , 1 (2), 31-44.

Nasir, A., Upu, H., & Hisyam, I. (2016). Penerapan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segiempat Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Ecosystem , 16 (3), 477-488.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan , 11 (1), 9-16.

Setiyowati, L., Wijonarko, & Sulianto, J. (2018). Penerapan Metode Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Operasi Hitung Campuran Kelas 3 SD. Jurnal Sekolah (JS) , 2 (2), 32-37.

Published
2020-06-25
How to Cite
Ernawati, E., & Lestari, P. (2020). Efektivitas Metode Problem Solving dengan Model Polya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 50-62. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.582
Section
Pendidikan Matematika

Most read articles by the same author(s)