Pengaruh Model Pembelajaran Recripocal Teaching Pair Share dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA

Abstract

Pembelajaran mengggunakan model pembelajaran Recripocal Teaching Pais Share (RTPS) dengan media gambar dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan quasy experimentuntuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada topik Sistem Pencernaan Makanan dan Pernapasan dengan menggunakan pembelajaran RTPS dengan media gambar. Data yang diambil adalah kemampuan berpikir kritis yang dinilai menggunakan rubrik. Teknik analisis data menggunakan uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan F hitung < F tabel yaitu 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga ada pengaruh model pembelajaran RTPS dengan media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis menunujukkan bahwa siswa dapat dilatih kemampuan berpikir kritisnya melalui sintaks RTPS. Model pembelajaran RTPS dengan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Kata kunci: pembelajaran; Reciprocal Teaching Pair Share; kemampuan berpikir kritis