Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) dalam Pembelajaran Biologi

Abstract

Keterampilan literasi sains tetap menjadi tantangan utama untuk ditingkatkan melalui model pembelajaran yang aktif. Model pembelajaran RQA (reading, questioning, and answering) merupakan model pembelajaran aktif yang menekankan pada kegiatan membaca, bertanya, dan menjawab pertanyaan yang diharapkan akan mampu meningkatkan keterampilan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model RQA terhadap peningkatakan keterampilan literasi sains peserta didik pada materi sel. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan model rancangan penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di salah satu SMAN di Kota Tasikmalaya yang merupakan sekolah rujukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tahun ajaran 2018/2019. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu Model RQA dan variabel terikat yaitu keterampilan literasi sains peserta didik. Populasi seluruh kelas XI MIPA tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan data minat baca dari GLS, sehingga dapat ditentukan dua kelas sebagai kelas penelitian dengan perlakuan eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan literasi sains. Data dianalisis dengan menggunakan Uji t dua sampel independent, menyatakan thitung > ttabel yaitu 3,985 > 1,997, menyimpulkan terdapat pengaruh peningkatan keterampilan literasi sains dengan menggunakan model RQA.Kata Kunci: keterampilan literasi sains; peserta didik; RQA