PENGEMBANGAN GAME ANDROID BERBANTUAN SOFTWARE GAMESALAD UNTUK SISWA SMP MATERI PERBANDINGAN

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan game android untuk siswa SMP Kelas VII materi perbandingan berbasis game android berbantuan software GameSalad. Model pengembangan ini adalah model Thiagarajan dikenal model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,93 dengan kategori valid ditafsirkan sangat tinggi dengan menggunakan uji validitas, uji kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 82,5% yang berarti kategori baik dengan penggunaan angket respon siswa, dan tes efektif menunjukkan hasil 81,5% dari 32 siswa mendapatkan nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa game android dalam materi perbandingan dapat dinyatakan sebagai valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam belajar matematika.