Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Matematika Berbantuan Puzzle dan Geogebra

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa SMP belum optimal. Salah satu upayanya ialah dengan penggunaan media seperti puzzle dan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan puzzle dan GeoGebra serta ditinjau berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan yaitu dua kelas VIII SMPN 1 Kota Tangerang. Pengumpulan data dengan soal pretest dan postest berbentuk uraian. Berdasarkan uji ANOVA dua jalur disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas puzzle dan GeoGebra. Apabila ditinjau berdasarkan gender, kemampuan berpikir kreatif siswa tidak terdapat perbedaan. Selain itu, faktor media dan gender tidak sama-sama memengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa.