Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa

Abstract

Kemampuan pembuktian matematis merupakan kemampuan penting dalam pembelajaran matematika. Namun, kemampuan tersebut menjadi salah satu kemampuan yang sulit dikuasai siswa. Untuk mengatasi hal itu, perlu dikaji faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan pembuktian matematis. Kuesioner diberikan kepada 30 siswa kelas X salah satu SMA Swasta di Kota Bandung yang baru selesai belajar proses pembuktian matematis. Masing-masing butir pernyataan diberikan skor dan diurutkan dari skor tertinggi ke rendah, selanjutnya beberapa butir pernyataan tersebut dikelompokkan ke dalam faktor baru berdasarkan urutan skor. Hasil menunjukkan faktor pengalaman menjadi faktor terkuat bagi siswa dalam memengaruhi kemampuan pembuktian matematis. Faktor berikutnya adalah faktor kemampuan, faktor waktu, faktor sikap dan motivasi, serta faktor guru.