PENGARUH FAKTOR INTERNAL TERHADAP RISIKO KREDIT (Studi Pada Bank Umum Konvensional di BEI Periode 2013-2016)

Izzatul Laila Suryani, M. Yunies Edward

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Return On Asset (ROA) terhadap Non Performing Loan (NPL). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Umum Konvensional yang terdaftar di BEI periode 2013-2016. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu NPL (Y), sedangkan variabel independennya adalah CAR (X1), BOPO (X2), LDR (X3) dan ROA (X4).

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 43 Bank Umum Konvensional di Indonesia periode 2013-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan terdapat 27 Bank Umum yang terdaftar di BEI. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda menggunakan program pengolah data eviews 9.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel CAR, BOPO dan LDR tidak berpengaruh terhadap NPL, Sedangkan variabel ROA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap NPL. Kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 46,71% sedangkan sisanya sebesar 53,28% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Keywords


CAR, BOPO, LDR, ROA, NPL



DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v16i1.1104

Article Metrics

Abstract view : 328 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.