PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa pada kelas yang memperoleh pembelajaran Talking Stick dengan siswa pada kelas yang memperoleh pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pasir Penyu. Dari enam kelas, di peroleh 168 siswa yang tebagi di enam kelas. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design, dengan rancangan penelitian Randomized Subjects posttes only control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan terhadap soal tes kemampuan pemecahan masalahsiswa yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis ditunjukkan oleh = 2,118 > = 2,005 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya H0 di tolak, dengan demikian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan model Talking Stick lebih baik daripada hasil test kemampuan pemecahan masalah matematika siswa denan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Negeri 3 Pasir Penyu.