Implementation of Leadership Value of Rudy Resnawan as a Learning Resources on Social Studies

Abstract

Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kalimantan Selatan belum menggunakan sumber biografi pemimpin lokal. Padahal, banyak nilai-nilai edukatif yang dapat digali dari biografi tokoh Kalimantan Selatan diantaranya Rudy Resnawan. Tujuan penelitian ini bertujuan mendeskripsikan biografi Rudy Resnawan dengan mengkaji nilai-nilai kepemimpinannya sebagai Walikota Banjarbaru dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan masing-masing dua kali berturut-tutur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik, perpanjangan pengamatan, serta member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kepemimpinan Rudy Resnawan berupa religius, cinta tanah air, disiplin, tanggung jawab, inovatif, komunikatif, dan rendah hati. Nilai-nilai kepemimpinan tersebut dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS sesuai materi pelajaran IPS di SMP dan MT di Kalimantan Selatan.