The Form of Religious Community Activities at Kelayan B as a Learning Resources on Social Studies

Abstract

Pembelajaran IPS akan lebih kontekstual ketika memanfaatkan kehidupan sosial masyarakat, salah satunya adalah berkaitan dengan kegiatan keagamaan. Pada kehidupan sosial masyarakat tidak akan lepas dari adanya kegiatan keagamaan. Begitu Pula pada masyarakat di Kelayan B, Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian mendeskripsikan bentuk kegiatan keagamaan masyarakat Kelayan B, serta relevansinya sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kegiatan keagamaan masyarakat Kelayan B terdiri dari kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari yaitu salat berjamaah dan TPQ “MIN Kelayan”, setiap minggu yaitu arisan atau yasinan ibu-ibu dan yasinan bapak-bapak serta  kegiatan setiap tahun yaitu Idul Fitri, Idul Adha dan maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan keagamaan masyarakat Kelayan B dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar berkaitan dengan beberapa materi pembelajaran IPS di SMP kelas VII semester I pada materi interaksi sosial dan lembaga sosial.