DESAIN DAN PERWAJAHAN MAJALAH KURVA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Abstract

Perancangan media cetak berupa majalah ini bertujuan untuk menghasilkan majalah desain komunikasi visual yang kreatif dan komunikatif, sehingga mampu meningkatkan daya tarik pembaca terhadap visual majalah (1). Memberikan informasi yang komprehensif dan informatif secara visual kepada masyarakat khususnya target audiens tentang program studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar (2). Tahapan pengumpulan data dilakukan dengan cara kajian literatur, pengambilan data visual, dan wawancara narasumber. Selanjutnya tahapan perancangan dimulai dari pembuatan nama majalah, cover majalah, pembuatan thumbnails, dummy, layout majalah, dan evaluasi. Perancangan ini dibuat berdasarkan fakta penciptaan seperti peminat pembaca majalah di Makassar mencapai 26,8 persen atau 281.104 orang di Makassar yang suka membaca majalah. Berdasarkan hal itu, maka perlu ada antisipasi untuk mengembalikan eksistensi media cetak di masyarakat (data SUSENAS) (1). Dari 100 mahasiswa Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, sekitar 95 persen mahasiswa yang menyukai dan menginginkan majalah berkonsep vektor (kuesioner) (2). Pengetahuan bidang desain komunikasi visual masih sangat minim di masyarakat khususnya Makassar (3).