Biography K. H. Idham Chalid: Study The Value of Nationalism as a Learning Resource on Social Studies

Abstract

Integrasi nilai nasionalisme dari Idham Chalid sebagai sumber belajar IPS dimaksudkan agar khalayak mendapat pengetahuan dan pemahaman pentingnya nilai nasionalisme dan menghargai perjuangan pahlawan nasional dari Kalimantan Selatan. Pendekatan kualitatif dan metode biografi digunakan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dipakai dengan model Miles dan Huberman yakni: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun uji keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian dipaparkan menjadi dua bagian, yaitu: 1) biografi Idham Chalid dari mulai pada masa kecil sampai wafat, dan 2) nilai nasionalisme yang muncul dari biografi Idham Chalidberupa kerelaan berkorban, bangga sebagai bangsa Indonesia, dan sifat berani. Keseluruhan nilai ini relevan dijadikan sumber belajar IPS. Relevansi nilai nasionalisme sebagai sumber belajar IPS didasari oleh analisis muatan materi pelajaran IPS pada kelas VIII. Dengan demikian, penelitian berkontribusi bagi guru dan peserta didik karena dapat mengintegrasikan nilai nasionalisme pada pembelajaran IPS sebagai sumber belajar.