Badudus Ceremony: The Banjar Tradition as a Learning Resource on Social Studies

Abstract

Masyarakat Banjar memiliki adat istiadat yang sudah dilakukan secara turun temurun, satu diantaranya adalah upacara badudus. Pada upacara badudus terdapat nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS agar peserta didik mempunyai sikap dan perilaku yang baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai dalam upacara badudus dalam masyarakat Banjar, yang diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, display data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian adalah integrasi nilai-nilai dalam upacara badudus sebagai sumber belajar IPS yaitu pada silabus IPS kelas VIII semester II pada materi pembelajaran faktor pendorong mobilitas sosial dan pluralitas. Nilai-nilai tersebut dijadikan sebagai sumber belajar IPS di kelas oleh guru agar siswa memahami budaya lokal di lingkungan sekitar.