Pengaruh Pendidikan Ibu Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif
Abstract
Penelitian eksperimen desain 3x2 faktorial dengan sampel sebanyak 90 siswa, bertujuan mempelajari Pengaruh Pendidikan Ibu Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif yakni Jigsaw-STAD (A1*), TSTS-STAD (A2*) dan STAD (A3) dengan pendidikan ibu SMA (B1) dan bukan SMA (B2) di SMA Negeri 5 Kendari. Hasil Analisis diperoleh berdasarkan statistik uji F pada taraf signifikasi =0.05 menunjukkan rerata hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif dan pendidikan ibu mempunyai pengaruh yang signifikan.duahipotesis faktor interaksi bersyarat perbedaan rerata hasil belajar matematika untuk siswa yang diajar dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe TSTS-STAD dengantipe STAD dengan syarat pendidikan ibu (Bj) mempunyai perbedaan yang signifikan, dan dua hipotesisfaktor interaksi bersyarat lainya mempunyai perbedaan yang tidak signifikan.Kata kunci:pendidikan ibu, kombinasi model pembelajaran kooperatifdan hasil belajar matematika.