KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PENDIDIKAN

Azhari Azhari, Sulistia ningsih

Abstract


Abstrak : Penelitian ini membahas mengenai konseling kelompok dengan menggunakan salah satu pendekatan psikologi yaitu cognitive behavior therapy (CBT) pada remaja yang kurang menganggap penting pendidikan dalam jenjang yang lebih tinggi. Tujuan CBT adalah mengajak klien untuk menentang pikiran dan emosi yang salah dengan menampilkan bukti-bukti yang bertentangan dengan keyakinan mereka tentang masalah yang dihadapi .Tujuan artikel ini adalah untuk melihat kegunaan konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) dalam upaya meningkatkan kesadaran melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi pada remaja di dusun Banaran Kulonprogo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Kata Kunci : Konseling Kelompok; Cognitive Behavior Therapy; Kesadaran Pendidikan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Chirtin Wilding, (2013), Cognitive Behavioural Therapy 3rd Edition : A Tech Yourself Guide Paperback .

Cervone, Daniel dan Lawrene A. Pervin, (2011), Kepribadian Teori dan Penelitian. Jakarta : Salemba Humanika.

Dobson, K.S. & Dozois, D.J.A. (2010), Historical and Philosophical Bases of the Cognitive-Behavioral Therapies dalam Handbook of Cognitive-Behavioral Therapies, New York : The Guilford Press.

Kurnanto, M.E. (2013), Konseling Kelompok. Bandung : CV Media.

Mujamil Qomar. (2012). Kesadaran Pendidikan; suatu penentu keberhasilan pendidikan,Yogjakarta: Arruz Media.

Muhibbin, Syah. (2000), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Maunah, Binti, (2009). Ilmu Pendidikan, Yogyakarta : Teras.

Nasution, S. (2009). Metode research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nevid, Jeffrey S dkk. (2003), Psikologi Abnormal Edisi Kelima Jilid 1, Erlangga : Jakarta.

Nevid, S.F, Rathus, A.S., Greene, B. (2003), Psikologi Abnormal Edisi Kelima, Erlangga : Jakarta.

Nasution, (1996). Metode Penelitian Kualitatif Naturalistik. Jakarta : Sinar Grafika.

Oemarjoedi, A. Kasandra, (2003), Pendekatan Cognitive Behavior Dalam Psikoterapi. Jakarta : Kreatif Media.

Prayitno, (2004), Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok, Padang : Universitas Negeri Padang.

Qomar M, (2012), Kesadaran Pendidikan : Suatu Penentu Kberhasilan Pendidikan. Yogyakarta : Ar Ruzz : Media.

Stallard, Paul. (2002), Think Good-Feel Good : A Cognitive Behaviour Therapy Workbook for Children, England : John Wiley & Sons Ltd.

Sugihartono, dkk, (2007). Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan pengembangan bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia ,Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Surabaya: Indah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Vitalis DS. (2008), Layanan Konseling Kelompok, Diktat Mata Kuliah Bimbingan Konseling IKIP PGRI Madiun.

Ihsan, Fuad. (2005), Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : Rhineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v3i1.7218


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id