Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang Terkandung dalam Kegiatan Khit}a>bah

Penulis

  • Muhammad Zaki
  • Wantoro Aji

Kata Kunci:

Nilai, Pendidikan Islam, Khit}a>bah.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian (field research) dilakukan di Pondok Pesantren AN-Nahdliyyah Mengelo Sooko Mojokerto,dalam kegiatan Khit}a>bah, dengan pertimbangan pondok pesantren AN-Nahdliyyah merupakan pesantren yang aktif dalam pelaksanaan kegiatan exstra Khit}a>bah dan tempat yang terjangkau oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan Khit}a>bah di pondok pesantren AN-Nahdliyyah, apa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kegiatan Khit}a>bah dan bagaimana pengaplikasian nilai-nilai pendidikan Islam tersebut dalam Khit}a>bah,penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, deskriptif, yakni dengan menggali entensitas tunggal atau fenomena dalam sebuah institusi dari masa tertentu berupa, kejadian, proses dan kelompok sosial. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.Setelah dilakukan penelitian telah ditemukan bahwa dalam pelaksanan Khit}a>bah tersebut berjalan dengan baik dan nilai-nilai pendidikan Islam yang terealisasi didalamnya diantaranya adalah nilai pendidikan Islam aqidah, ibadah/syariat,serta nilai pendidikan akhlak. Nilai-nilai pendidikan Islam tersebut teraplikasikan dengan baik di dalamnya.

Referensi

Afifudin, Ahmad Soebani, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Tim Pustaka Setia, 2012.

Alqur’an Al-Karim Dan Terjemahnya. Jakarta: Al-Hadi Media Kreasi, 2015.

Arifin. Ilmu Pendidikan Islam (Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Chalik, Abdul, Ali Hasan Siswanto. Pengantar Studi Islam. Surabaya: Kopertais IV Press, 2011.

Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grafindo Persada, 2001

Mukhsin, Basori, Abdul wahid. Pendidikan Islam Kontemporer. cet. 1, Bandung: Refika Aditama, 2009.

Muslihah. 2013. Kaderisasi Mubalighah Melalui Pelatihan Khitabah. “Skripsi”, IAIN Wali Songo, 2013. Eprint. Walisongo.ac.id, diakses pada 27 Januari 2017.

Muzaki, Akh, kholilah. Ilmu Pendidikan Islam Surabaya: Kopertais IV Press, 2011.

Pidarta, Made. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 1997

Rifai, Ahmad. Kegiatan Khitobah Dhuhur Untuk Membentuk Rasa Percaya Diri Siswa MAN Wates Yogyakarta. “Skripsi”, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Yogyakarta 2015. http//SKRIPSI,ARIFAI, JK Islam-Digilib.Uin-suka.ac.id di akses 2 Desember 2017.

Rohana, Liyli. Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi ”Berjanjenan”. “Tesis”, UIN Sunan Kalijaga 2015. L. Rohana-UIN-suka.ac.id diakses pada 28 Januari 2016.

Roqib, Mohammad. Ilmu Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Di Sekolah, Keluarga Dan Masyarakat. Yogyakarta: Bulan Bintang, 2004.

Rozak, Abdur, Rosihon Anwar. Ilmu Kalam. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Tatang s. Ilmu Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Tim Penyusunan Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Jakarta: Balai Pustaka, 1994.

Toha, Habib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Utami, Fitiana Dwi. 2016. Public Speaking. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

W.J.S Purdarminta. Kamus Besar Bahsa Indnesia, Jakarta: Balai Pustaka. 1999.

Diterbitkan

2019-06-09

Terbitan

Bagian

Artikel