Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kitab al-Maw?‘i? al-‘U?f?riyyah

Penulis

  • Habib Muhtarudin
  • Ali Muhsin

Kata Kunci:

Nilai Pendidikan Islam, Kitab al-Maw?‘i? al-‘u?f?riyyah.

Abstrak

Nilai-nilai pendidikan Islam merupakan segala hal yang mengandung unsur positif yang berguna bagi manusia berupa aturan dan norma yang ada pada pendidikan Islam, diantaranya meliputi akhlak, akidah dan ibadah. kitab al-Maw?‘i? al-‘u?f?riyyah adalah kumpulan cerita yang dilengkapi dengan hadis, yang dikarang oleh Syekh Mu?ammad b. Ab? Bakr al-‘U?f?r?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam di dalam kitab tersebut dan untuk mendiskripsikan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan metode analisi isi (content analysis) dan pendekatan yang dipakai menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tiga nilai-nilai pendidikan Islam di dalam kitab tersebut, meliputi: nilai akhlak (akhlak kepada makhluk lain, kepada masyarakat, kepada Allah dan kepada diri sendiri), nilai akidah (keimanan kepada Allah dan rasul) dan nilai ibadah (ghayru ma??ah).

Referensi

Abdulrahim, Muhammad Imaduddin. Islam Nilai Terpadu (Jakarta: Gema Insani, 2002).

Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006).

Aminuddin., dkk. Pendidikan Agama Islam (Bogor: Ghalia Indonesia, 2005).

Amrulloh, Amrulloh, dan Mujianto Solichin. Metode Studi Hadis Pendidikan. Malang: Dream Litera Buana, 2019.

Amrulloh, Amrulloh. “Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam: Studi Metode Komparasi-Konfrontatif Hadis-Al-Qur’an Perspektif Muhammad Al-Ghazali dan Yusuf al-Qaradawi.” Ahkam: Jurnal Hukum Islam 3, no. 2 (2015): 287-310.

Amrulloh, Amrulloh. “Integralitas Sistem Sanad dan Kontekstualisasi Pemahaman Hadis Versus Konsep Sunah Muḥammad Shaḥrûr.” Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman 5, no. 2 (2017): 01-18.

Amrulloh, Amrulloh. “Kontribusi M. Syuhudi Ismail dalam Kontekstualisasi Pemahaman Hadis.” Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith 7, no. 1 (2017): 76-104.

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003).

Ary, Donald, Luchy Cheser Jacobs, dkk, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, (Terj.) Arief Furchan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004).

Bawani, Imam. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam (Sidoarjo: Khazanah Ilmu Sidoarjo, 2016).

Daradjat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2014).

Fitriyah, Lailatin Nurul. “Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Nashaihul Ibad Karya Syeikh Nawawi al-Bantani dan Relevansinya Dengan Materi PAI Berdasarkan Permendikbud No 68 Tahun 2013,” (Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim, 2016), 17.

Gojira, Edy. “Keyakinan Kepada Tuhan Yang Maha Esa”, https://goo.gl/FfGraa diakses pada 18-05-2017.

Marzuki. Prinsip Dasar Akhlak Mulia (Yogyakarta: Debut Wahana Press dan Fise UNY, 2009).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011).

Nawawi. Sharḥ naṣā’iḥ al-‘ibād (Surabaya: Nurul Huda, T.th).

Norlaila. “Model Penerjemahan Kitab Kuning Analisis Deskriptif Model Penerjemahan Kitab-Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-Falah Puteri,” (Laporan Penelitian, IAIN Antasari Banjarmasin, 2015), 3.

Ramayulis, dan Syamsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2011).

Razak, Nasruddin. Dienul Islam (Bandung: PT. al-Ma’arif, 1973).

Rohim, Nur. “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kitab al-Arba’in an-Nawawi,” (Skripsi, IAIN Salatiga, 2013), 9.

Suhufi. Prinsip dan Etika Pribadi dalam Islam (Jakarta: Pustaka Intermasa, 2003).

Supardie, Didiek Ahmad, dan Sarjuni. Pengantar Studi Islam (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012).

Surakhmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode dan Teknik (Bandung: Tarsito, 1985).

Umami, Santi Rika, and Amrulloh Amrulloh. “Internalisasi Nilai-Nilai Pedidikan Akhlak Santri Putri Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017): 112-129.

Uṣfūrī (al), Muḥammad b. Abū Bakr. Al-Mawā‘iẓ al-‘uṣfūriyyah, (Terj) Ali Chasan Umar (Semarang: PT. Karya Toha Putra, T.th).

Verry Hendra S.R. “Sosialisasi UU No. 22 Tahun 2009,” (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012), 48.

Zubaidi. Akhlak dan Tasawuf (Yogyakarta: Lingkar Media, 2015).

Diterbitkan

2019-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel