Metode Pembelajaran Relaksasi Spiritual dalam Peningkatan Minat Mahasiswa Berorganisasi di Perguruan Tinggi

Penulis

  • Lilik Maftuhatin
  • Widya Astutik

Kata Kunci:

metode pembelajaran, relaksasi spiritual, minat, organisasi mahasiswa.

Abstrak

Mempengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi seorang yang produktif dengan unsur spiritulitas diri semata-mata karena ibadah sangat sulit. Motivasi perlu dirangsang melalui faktor dari luar dengan menciptakan proses pembelajaran yang lebih nyaman dan rileks melalui metode relaksasi spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis metode pembelajaran relaksasi spiritual dalam meningkatkan minat mahasiswa berorganisasi di Fakultas Agama Islam Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode pengumpulan data observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Dari data penelitian dapat diketahui bahwa 87 mahasiswa sebagai subjek penelitian yang sudah mengikuti pembelajaran dengan metode relaksasi spiritual semester ganjil tertanggal 20 September 2016 dapat dikelompokkan ke dalam empat kategori temuan dari proses peningkatan minat mahasiswa berorganisasi setelah dilakukannya survei pada semester genap per bulan Maret-April 2017 diantaranya terealisasinya minat, belum terealisasinya minat, tidak hadir saat survei, dan subjek mengundurkan diri.

Referensi

Agustian, Ary Ginanjar. 2001. The ESQ Way 165: 1 Ihsan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Qur’an (al), Al-Karim dan Terjemahnya. 2002. Diterjemahkan oleh Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur’an. Semarang: Karya Toha Putra.

As’ad, Zaimuddin W.. “Dicari: Aktivis Berprestasi Akademis”. Shout (22 September 2015).

Cox, Barth. 2014. Developing a Rubric for Production and Post-production Learning Reflections. Dipresentasikan dalam Assessment Boot Camp, Asosiasi Pendidikan Broadcast Conference.

Devamelodia. “Teori Minat pada Skripsi pendidikan dan Daftar Pustaka Minat lengkap”. http://devamelodica.com/teori-minat-pada-skripsi-pendidikan-dan-daftar-pustaka-minat-lengkap/. Diakses pada 2 Januari 2017.

DocSlide. “KepMen tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi”. http://dokumen.tips/documents/kepmen-tentang-pedoman-umum-organisasi-kemahasiswaan-di-perguruan-tinggi.html. Diakses pada 25 Desember 2016.

Firdausz, Rizky. 2012. Motivasi Mahasiswa Bergabung di Organisasi Intra Kampus: Studi Eksplorasi Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Iswantoro, Gatot. 2013. Mengolah Mata Hati Melalui Relaksasi, Meditasi, Hipnosis. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Khusumawati, Zuni Eka, Elisabeth Christiana. “Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya”. Jurnal BK UNESA, Vol. 05, No. 01 (Tahun 2014).

Machmud, Surachmin. “Analisis Nilai Spiritual dalam Novel Haji Backpacker Karya Aguk Irawan MN”. Jurnal Humanika. Vol. 3. No. 15 (Desember 2015).

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

McNeil, Daniel W., Suzanne M. Lawrence. 2002. “Relaxation Training”, Encyclopedia of Psychotherapy, Vol. 2, ed. Michel Hersen, et. al.. USA: American Psychiatric Association.

Mulyatiningsih, Endang. Diklat Peningkatan Kompetensi Pengawas dalam Rangka Penjaminan Mutu Pendidikan: Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Depok: P4TK Bisnis dan Pariwisata, 2010.

Nurhidayati. Metode Pembelajaran Interaktif. Dipresentasikan dalam Seminar Metode Pembelajaran bekerjasama dengan mahasiswa KKN-PPL UNY pada tahun 2011.

Online, Kamus Besar Bahasa Indonesia. “Spiritual”. http://kbbi.web.id/spiritual, Diakses pada 14 Januari 2017.

Porter, Bobbi De, Mike Hernacki. 2001. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Pustakasari, Endahing Noor Iman. 2014. Hubungan Spiritualitas dengan Resiliensi Survivor Remaja Pasca Bencana Erupsi Gunung Kelud di Desa Pandansari-Ngantang-Kabupaten Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Putra, Ardiansyah Jani. Pengaruh Minat dan Motivasi Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Musik terhadap Prestasi Belajar Seni Budaya di SMP Negeri 1 Wates. Disertasi. Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Putra, Miftakhul Ilmi Suwignya, M. Ansor Anwar, Mujianto Solichin, dan Amrulloh Amrulloh. “Efektivitas Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Model Immersed untuk Meningkatkan Respons Belajar Mahasiswa PGMI.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2018): 91-102.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan. 2006. POLBANGMAWA: Pola Pengembangan Kemahasiswaan. Jakarta: tp.

Tiraini, Dwi Antika Auges. 2104. Pengaruh Sugesti Relaksasi terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Aryojeding. Skripsi. IAIN Tulungagung.

Unipdu, Panitia Pelaksana OSCAR. Buku Oscar 2016: Character Building for Golden Generation. Jombang: Alif, 2016.

Usman, Uzer. 2003. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2018-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel