MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LARI JARAK 60 METER DENGAN MEDIA YANG DIMODIFIKASI SISWA KELAS XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lari jarak 60 meter dengan media yang dimodifikasi siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian kualitatif menggunakan lembar pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media yang dimodifikasi siklus pertama pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 27,2 %, sikap ssiwa 60,6 %, dan aktivitas guru  dengan nilai 58,1, siklus kedua pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 60,6 %, sikap siswa 72,7 %, dan aktivitas guru dengan nilai 68,4, siklus ketiga pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 90,9 %, sikap siswa 81,8%, dan aktivitas guru dengan nilai 78,7, siklus keempat pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 100%, sikap ssiwa 100%, dan aktivitas guru dengan nilai 86,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama sampai siklus keempat terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran lari jarak 60 meter dengan media yang dimodifikasi siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu.