PERANCANGAN KUIS BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK SWASTA AL-AZIS

Danil Polanda, Ronal Watrianthos, Iwan Purnama

Abstract


Penggunaan smartphone terus berkembang seiring dengan perubahan zaman. Khususnya, untuk
para siswa penggunaan smartphone dapat memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran.
Dengan demikian, penulis tertarik untuk membangun aplikasi kuis SMKS Al Azis berbasis android.
Ada beberapa tahapan dalam proses perancangan sistem dengan menggunakan metode waterfall dan
pengumpulan data yang diperoleh dari berbagai sumber, yang meliputi pemodelan proses use case
diagram, activity diagram, sequeence diagram, rancangan basis data, dan perancangan interface
sesuai dengan desain yang telah dibuat. Dari semua tahapan yang telah dilakukan kemudian
dihasilkan aplikasi kuis SMKS Al Azis berbasis android.

Full Text:

PDF

References


Hartati, S., Dewi, N. A. K., Puastuti, D.,

Muslihudin, M., & Budi, N. S. (2017).

Sistem Aplikasi Educhat Stmik

Pringsewu Berbasis Android Sebagai

Media Komunikasi dan Informasi.

TEKNOSI, 3(1), 143–152.

Trisna, I. K., Subagia, I. W., & Herawati,

P. O. (2017). Pemberian kuis di awal

pembelajaran untuk meningkatkan

kesiapan dan hasil belajar siswa kelas X

MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2),

–64.

Supriyono, H. et al. (2014). Rancang

bangun aplikasi pembelajaran hadis

untuk perangkat mobile berbasis

Android. Jurnal Informatika, 8(2), 907–

Satyaputra, A., & Aritonang, E. M. (2014).

Begining Android Programming with

ADT Bundle. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo. https://doi.org/121140530

Purnama, I. (2017). Perancangan Kamus

Muslim Berbasis Smartphone Android

Dengan Metode User Centered Design

(UCD). Informatika AMIK-LB, 5(3), 1–

Galih VidiaPangestika et al. (2017).

Aplikasi aplikasi pembelajaran bahasa

inggris untuk murid sekolah dasar

berbasis Android. E-Prceeding of

Applied Science, 3(3), 1558–1575.

Warman, I., & Saputra, keni N. (2012).

Sistem Informasi Alumni ITP

Menggunakan PHP Dan My SQL. Jurnal

Momentum, 12(1), 1–9.

Nazruddin Safaat H. (2015). Pemrograman

Aplikasi Android mobile smartphone dan

Tablet PC Berbasis Android (mei 2015).

Bandung: Informatika Bandung.

Watrianthos, R. (2015). Perbandingan

Teknik Kriptografi Metode Sapphire II

dan RC4. Informatika AMIK-LB, 3(2),

–51.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v5i2.726

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418