Shalat Ditinjau dari Sudut Pandang Pendidikan, Sosial dan Politik

  • Ulyan Nasri IAIH LOTIM

Abstract

Abstrak: Shalat apabila dijelaskan dari sudut pandang vertikal yaitu nilai esoteris (teks suci) dipahami sebagai media komunikasi antara “hamba†dengan “Khaliqâ€. Tujuannya adalah sebagai bukti ketaatan hamba dengan perintah sakral Tuhan, karena salah satu tugas seorang muslim sejati adalah menghambakan diri kepada Sanag Maha Kuasa sebagaimana yang telah ditetapkan dalam syari’at. Disatu sisi shalat apabila dijelaskan dari sudut pandang pendidikan, sosial dan politik (eksoteris) memiliki banyak nilai-nilai yang terkadung di dalamnya yang nantinya sebagai acuan untuk mencari jawaban atas problematika kehidupan yang sudah mulai bergeser kearah disintegrasi moral (dekadensi moral). Sikap dan gerakan dalam shalat dilakukan dengan tertib namun di luar shalat ternyata masih tidak tertib.  Shalat ternyata tidak hanya mengajarkan tentang kepatuhan kepada Sang Pencipta, tapi di aspek lain mengajarkan kepatuhan kepada sesama manusia dan kerja sama yang baik. Salah satu nilai sosial dan politik dalam shalat dilihat dari aspek pendidikannya adalah antara imam dan makmun terjadi kerja sama yang sangat teratur, adil, disiplin, jujur dan toleransi.  

References

Daftar Pustaka
Abd. Haris dan Kivah Aha Putra, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2012.
Abdurrahman ‘Azam, Keagungan Nabi Muhammad Saw, Cet III, Jakarta, Pedoman Ilmu Jaya, 1997.
Ara Hidayat & Imam Machali, Pengelolaan Pendidikan, Yogyakarta: Kaukaba, 2012.
I. B. Wirawan, Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma, Jakarta: Prenadamedia Group, 2012.
Barnawi & Mohammad Arifin, Etika & Profesi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Beni Ahmad Saebani, Perspektif Perubahan Sosial, Bandung: Pustaka Setia, 2016.
George Ritzer, Teori Sosiologi Modern, Jakarta: Prenada Media Group, 2007.
H. A. R. Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010, cet. Ke-3.
____________, Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000, cet. Ke-2.
Imam an-Nawawi, Riyadhus Shalihin. Terj. Arif Rahman Hakim, Pipih Imran Nurtsani, Jawa Tengah: Insan Kamil Solo, 2011.
Iyad Ibn Musa Al-Yashubi, Keagungan Kekasih Allah Muhammad Saw, Keistimewaan Personal Keteladanan Berisalah. Cet 1. Penerjemah, Gufron. A. masadi, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2002.
Ikhsan Darmawan, Mengenal Ilmu Politik, Jakarta: Kompas, 2016.
J. Suyuti Pulungan, Fiqh Siyasah, Ajaran, Sejarah dan Pemikiran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.
Jasa Ungguh Muliawan, Epistemologi Pendidikan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2008.
Nasikun, Sistem Sosial di Indonesia, Yogyakarta: Rajawali Pers, 2006.
M. Fethullah Gulen. Prophet Muhammad Aspect of His Life, diterjemahkan oleh Tri Wibowo Budi Santoso dengan judul Versi Teladan Kehidupan Rasulullah Muhammad Saw, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada,2002
M. Quraish Shihab Menjawab Seputar Shalat, 1001 Soal KeIslaman Yang Patut Anda Ketahui, Jakarta: Lentera Hati, 2008.
Muhammad Fethullah Gulen, Cahaya Abadi Muhammad Saw. Kebanggaan Umat Manusia, Jakarta: Republika, 2012.
Munawir Sjadzali, Islam dan Tata Negara: Ajaran, Sejarah dan Pemikiran, Jakarta: UI-Press, 1990.
Michael Dillon, Dekonstruksi Politik Internasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Radja Mudyarahardjo, Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung, 2002, Cet. Ke-2.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011, cet. Ke-9.
Soetomo, Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Suyuti Pulungan. Prinsip-Prinsip Pemerintahan Dalam Piagam Madinah Dari Pandangan Al-qur’an (Jakarta: PT Garpindo Persada, 1996, Cet .2.
Syaikh Ibn ‘Atha’illah as-Sakandari, al-Hikam. Terj. Ismail Ba’adillah, Jakarta: Khatulistiwa, 2010.
Usman, Filsafat Pendidikan: Kajian Filosofis Pendidikan Nahdlatul Wathan (NW) di Lombok, Yogyakarta: Teras, 2010.
Widjajanti Mulyono Susanto (editor), Ilmu Sosial di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2016.
Published
2018-11-08
Section
Articles