PERKEMBANGAN PESANTREN DARI MASA KE MASA

Alfurqan Alfurqan

Abstract


Pesantren merupakan bentuk lembaga pribumi tertua di Indonesia. Pesantren sudah dikenal jauh sebelum Indonesia merdeka, bahkan sejak Islam masuk ke Indonesia, pesantren terus berkembang sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan pada umumnya. Di kalangan umat Islam sendiri nampaknya pesantren telah dianggap sebagai model institusi pendidikan yang memiliki keunggulan baik dari aspek tradisi keilmuannya yang merupakan salah satu tradisi agung maupun sisi transmisi dan internalisasi moralitas umat Islam. Pergeseran waktu, dan perubahan situasi dan kondisi, secara tidak langsung telah menuntut pondok pesantren untuk senantiasa, menyelenggarakan pendidikannya yang bersifat kontekstual agar pondok pesantren tersebut dapat mengikuti dan merespon segala macam persoalan dan tantangan hidup yang semakin komplek. Begitu pula dari segi kepemimpinan. Perubahan kondisi menuntut para kyai dapat bekerjasama dengan berbagai pihak dengan disiplin ilmu yang variatif tradisi sentral figur masih tetap diperlukan oleh aspek moral, agama, namun tidak untuk seluruh aspek. Oleh karena itu kompetensi dan profesionalitas sangat mempengaruhi kemajuan suatu pondok pesantren.

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.15548/h.v13i1.1113
Abstract views : 5902 times
Full Text : 1660 times

References


_____, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos, 1999

Abuddin Nata (Ed.), Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo, 2001

Al Furqan, “Islamic Education Values in Minangkabau Wedding Ceremony (Study of Traditional Mariage in Pauh, Padang, West Sumatera)”, Al-Ta lim Journal, Vol. 23 No. 1, 2016

Al-Abrasyi, Athiyah, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A. Gani dan Djohar Bahri, Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

Alamsyah Ratu Prawiranegara, Pembinaan Pendidikan Agama, Jakarta: Depag. RI

Alfurqan, Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren dan Upaya Pembenahannya, Vol.1, UNP Press, 2015

Amir Hamzah, Pembaharuan Pendidikan dan Pengajaran Islam, Jakarta :Mulia Offset, 1989

Azyumardi Azra, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Faisal Ismail, Paradigma Kebudayaan Islam, Studi Kritis dan Refleksi Historis, Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 2003

Geertz Clifford, Abangan, Santri, Priyayi dalam Masyarakat Jawa, terj. Aswab Mahasia, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1983.

Hasan Langgulung, Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1988.

Imam Bawani, Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1993.

Kafrawi, Pembaharuan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren sebagai Usaha Meningkatkan Prestasi kerja dan Pembinaan Kesatuan bangsa, Jakarta: Cemara Indah, 1978

Karel A. Steenbrink, Pesantren Madrsah Sekolah, Jakarta: LP3ES, 1194

M. Dawam Raharjo (ed.) Pesantren dan Pembaharuan, Jakarta: LP3ES, 1995

Marzuki Wahid, dkk., (ed.), Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren, Bandung: Pustaka Hidayah, 1999

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994.

Mujamil Qomar, Pesantren, dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2005

Nurcholish Madjid, Bilik-bilik Pesantren, Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997

Ramayulis, Sejarah Pendidikan Islam, Napaktilas Perubahan Konsep, Filsafat dan Metodologi Pendidikan Islam dari Era Nabi Saw Sampai Ulama Nusantara, Jakarta: Kalam Mulia, 2012

Selo Soemarjan, Perubahan Sosial di Yogyakarta, Yogyakarta: Gajahmada Pers

Wajoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren, Pendidikan alternati Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press, 1997

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren, Studi tentang Pandangan Hidup Kiai, Jakarta: LP3ES, 1194


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anton Publishing Logo

Licence

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License