Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami

Author


Heni Meila Sari(1Mail), Yelva Nofriyanti(2),
Ilmu Pendidikan, Universits Negeri Padang, Indonesia(1)
Ilmu Pendidikan, Universits Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 425KB]

Published : 2019-10-27

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1960 times PDF Downloaded: 945 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreaivitas anak melalui kegiatan menganyam dengan menggunakan origami pada kelompok B2 TK Pinang Masak Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 15 anak. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan penelitian tndakan kelas.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan menganyam dengan menggunakan origami mengalami peningkatan setelah di beri tindakan melalui kegiatan menganyam. Peningkatan tersebut dapat di lihat dari kondisi awal anak yang presentasenya 26,05 % , setelah di lakukan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 46,54 %. Pada siklus II kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan menganyam dengan menggunakan origami mengalami peningkatan menjadi berkembang sangat baik presentasenya yaitu 81,58%.


Keywords


kreativitas; menganyam; origami

References


Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Referensi

Kusumah dan Dwitagama, Dedi. 2013. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas: A 18 Edisi Kedua. Indeks.

Latif, dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini teori dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung. Pustaka Setia

Majaya, ling. 2013. Enam Pola Sukses Mendidik Anak Jadi Kreatif. Jakarta: PT.Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional (Pijakan Mahasiswa, Guru & Pengelola TK/RA/KB/TPA). Jakarta: PT Gramedia.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS..

Sudarna. 2014. PAUD Pendidikan Anak Usia Dini BERKARAKTER Melejitkan Kperibadian Anak Secara Utuh ( Kecerdasan Emosi, Spirit, dan Sosial). Yogyakarta: Genius Publiser.

Wulan, Ratna. 2011. Mengasah Kecerdasan Pada Anak (bayi- pra sekolah). Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.