Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Matematika pada Anak Usia Dini

Author


Chresty Anggreani(1Mail), Syafdaningsih Syafdaningsih(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 732KB]

Published : 2019-10-22

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 812 times PDF Downloaded: 500 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan produk berupa buku ajar matematika anak usia dini untuk mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD). Penelitian ini menggunaka metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dari Borg and Gall. Subjek penelitian adalah mahasiswa PG-PAUD yang sedang menempuh mata kuliah matematika anak usia dini di dua perguruan tinggi yakni PG-PAUD Universitas Sriwijaya dan PG-PAUD Universitas Jambi. Pengumpuan data dilakukan melalui observasi, angket, dan tes. Berdasarkan hasil pengembangan buku ajar menunjukan rata-rata hasil validasi dan uji coba lapangan, buku ajar yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kevalidan dan keefektifan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika anak usia dini efektif untuk digunakan dimata kuliah matematika anak usia dini di program studi PG-PAUD. Buku ajar yang dikembangkan ini memiliki kebaruan dari aspek substansi dan penyajian. Substansi buku ajar yang dikembangkan berlandasarkan pada teori-teori matematika anak usia yang sesuai dengan kurikulum 2013.


Keywords


buku ajar; mata kuliah matematika anak usia dini; program studi pgpaud

References


Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. PT bumi aksara. https://doi.org/10.1109/TEVC.2004.826389

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Higgins, J. L. (1973). Mathematical Teaching and Learning. Ohio: Charles A Jones Publishing Company.

Kanginan, M., & Dkk. (2016). Buku Guru Matematika untuk SMA/ MA Kelas IX. Bandung:Yrama Widya.

Pangestu, W. T. (2016). Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Pembelajaran Pkn Sd Di Program Studi S1 PGSD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.311

Prasetiyo, N. A., & Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Mata Kuliah Biologi Di Universitas Tribhuwana Tungga Dewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia.

Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik (Tinjauan Teoritis dan Praktis). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pratiwi, P. H. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skills). Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123

Ramansyah, W. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Widyagogik. https://doi.org/10.1177/089202069400800110

Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan (4 ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran Peserta Didik dalam Teori Nativisme, Empirisme, Konvergensi dan Fitrah. HORIZON PENDIDIKAN.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Tarigan, H. ., & Tarigan, D. (1986). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Tri Kurniawati1, Citra Kusumaningsih2, Y. R. E. (2015). Pengembangan Draft Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Basic Reading Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa.

Triharso. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Walle, J. A. Van. (1994). Elementary School Mathematics Teaching Developmentally. New York: Longman Publishing Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.