Penerapan Teknik Sumbang Saran (Brainstorming) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpidato Siswa Kelas X-2 Jurusan Teknologi Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa

  • Rizqi Azhari Rahim Universitas Muslim Maros
Keywords: Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Berpidato, Teknik Sumbang Saran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses; perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Penerapan Teknik Sumbang Saran dalam meningkatkan keterampilan berpidato siswa. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data bersumber dari 1 orang guru dan 32 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berpidato dengan menerapkan teknik sumbang saran (brainstorming) mengalami peningkatan, baik dalam tahap proses maupun hasil pembelajaran.

References

Alshammari, Mohammed Khzaiyem. 2015. Effective Brainstorming in Teaching Social Studies for Elementary School. American International Journal of Contemporary Research Vol. 5, No. 2; April 2015. http://www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_2_April_2015/9.pdf (diakses tanggal 23 Desember 2015).

Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsjad, Maidar G dan Mukti. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Ghabanchia, Zargham dan, Saeedeh Behrooznia. 2014. The Impact of Brainstorming on Reading Comprehension and Critical Thinking Ability of EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences 98 ( 2014 ) 513 – 521. http://isiarticles.com/bundles/Article/pre/pdf/39944.pdf (diakses tanggal 23 Desember 2015).

Ghaemi, Farid dan Esmaeil Hassannejad. 2015. Developing EFL Students' Speaking: Brainstorming vs. Role-Play. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW) Volume 8 (4), April 2015; 211-221. http://www.ijllalw.org/finalversion8415.pdf. (diakses tanggal 23 Desember 2015).

Ghazali, Syukur. 2010. Pembelaharan Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Hakim, Rahman. 2010. Kiat Jitu Mahir Pidato. Yogyakarta: Shira Media.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kasman, Nuraeni. 2002. “Korelasi antara Kemampuan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Pitumpanua Kabupaten Wajo”. Tesis (tidak diterbitkan). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

King, Larry. 2009. Seni Berbicara Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, dan di Mana Saja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahdum. 2010. Penggunaan Brainstorming dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Mahasiswa S1 Semester Satu Program Studi Bahasa Inggris FKIP UR Pekanbaru. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwj7uOuT4vDJAhVCIqYKHf0YBoQQFghMMAU&url=http%3A%2F%2Fejournal.unri.ac.id%2Findex.php%2FJnuances%2Farticle%2Fdownload%2F846%2F839&usg=AFQjCNGVKvvdAiFMw3tZxJl7ktRZnr7gDA&sig2=_Wbi8JTOsDqRtmLqERPuDQ&bvm=bv.110151844,d.dGY (diakses tanggal 23 Desember 2015).

Maliki, Imam. 1999. Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Usaha Nasional.

Marina. 2005. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi melalui Teknik Brainstorming Siswa Kelas II Man Disamakan Pon-Pes DDI Mattoanging Kab. Bantaeng ”. Skripsi (tidak diterbitkan). Makassar: FBS Universitas Negeri Makassar.

Mazhud, Nurfathana. 2010. “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Naratif dengan Menggunakan Strategi Brainstorming Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai”. Skripsi (tidak diterbitkan). Makassar: FBS Universitas Negeri Makassar.

Mohammadi, Azzam and Mehran Davarbina. 2015. The effect of cooperative learning techniques on reading comprehension ability of Iranian EFL learners. International J. Soc. Sci. & Education 2015 Vol.5. http://ijsse.com/sites/default/files/issues/2015/v5i3/Paper-11.pdf (diakses tanggal 23 Desember 2015).

Mulyati, Yeti dkk. 1998. Materi Pokok Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Navaee, Maryam Sari dan Masoud Asadi. 2015. The effect of Brainstorming on Reading Comprehension of Iranian EFL Learners. ICT & INNOVATIONS IN EDUCATION- INTERNATIONAL ELECTRONIC JOURNAL Volume (3), Issue (2), 26-34 (April 2015) http://ictejournal.com/Volume_3/Issue_2/ICTIEJ_32_3.pdf (diakses tanggal 23 Desember 2015)

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Olii, Helena.2007. Public Speaking. Jakarta: Indeks.

Rakhmat, Jalaluddin. 2000. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rashtchi, M dan M. Beiki. 2015. The Effect Of Teacher-Generated Cooperative Brainstorming versus Learner-Generated Cooperative Brainstorming on Activaiting Efl Learners’ Background Knowledge in Essay Writing Classes. Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences ISSN: 2231– 6345 (Online) An Open Access, Online International Journal Available at www.cibtech.org/sp.ed/jls/2015/02/jls.htm 2015 Vol. 5 (S2), pp. 1218-1227/ Rashtchi and Beiki. http://www.cibtech.org/sp.ed/jls/2015/02/157-JLS-S2-160-Rashtchi-Beiki-THE-CLASSES.pdf (diakses tanggal 23 Desember 2015).

Roestiyah.2008. Streategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Subyakto, Sri Utari dan Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudarmin. 2012. “Penerapan Metode Brainstorming dalam Peningkatan Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone”. Skripsi (tidak diterbitkan). Makassar: FBS Universitas Negeri Makassar.

Sudiyono dkk. 2006. Strategi Pembelajaran Partisipatori di Perguruan Tinggi. Malang: UIN- Malang Press.

Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edidi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suhandang, Kustadi. 2009. Retorika: Strategi, Teknik, dan Taktik Berpidato. Bandung: Nuansa.

Sumantri, Maman. 1996. Teknik Menyusun Pidato/ Sambutan. Jakarta: Balai Pustaka.

Suprijanto. 2009. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Syafi’ie, Imam. 1996. Terampil Berbahasa Indonesia 1: Petunjuk Guru Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 1. Jakarta: Balai Pustaka.

Tarigan, Djago. 2001. Materi Pokok Kependidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur.2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Kompetensi Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Published
2018-12-08
How to Cite
Rahim, R. (2018). Penerapan Teknik Sumbang Saran (Brainstorming) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpidato Siswa Kelas X-2 Jurusan Teknologi Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 17-33. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/195