Pengaruh Sikap Bahasa Mahasiswa Yapim Maros terhadap Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia: Kajian Sosiolinguistik

  • Aryanti Aryanti Universitas Muslim Maros
Keywords: Sikap Bahasa, Pengaruh Sikap Bahasa, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan sikap bahasa mahasiswa Yapim Maros terhadap bahasa Indonesia, (2) mengungkapkan pengaruh sikap bahasa mahasiswa Yapim Maros terhadap prestasi belajar pada mata kuliah wajib bahasa Indonesia.

Variabel penelitian ini yaitu pengaruh sikap bahasa mahasiswa (X) dan prestasi belajar bahasa Indonesia (Y). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PTS Yapim Maros semester genap (II) yang telah mengikuti perkuliahan mata kuliah Bahasa Indonesia yang berjumlah 507 orang berasal dari tiga sekolah tinggi. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan teknik sampel acak sederhana (simple random sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui survei dan kuesioner untuk data kuantitatif, dan dilakukan observasi dan wawancara untuk data kualitatif. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap bahasa pada mahasiswa Yapim Maros menunjukkan sikap positif pada bahasa Indonesia. Hal itu ditentukan berdasarkan aspek kesetiaan, kebanggan dan kesadaran akan norma bahasa. Hubungan antara sikap bahasa dengan prestasi belajar mahasiswa menunjukkan adanya pengaruh antara sikap bahasa dan prestasi belajar mahasiswa Yapim Maros. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif antara sikap bahasa dengan nilai belajar bahasa Indonesia. Adapun korelasi antara kedua variabel tersebut sebesar 70.5% sehingga dapat disimpulkan bahwa korelasi antara sikap bahasa dengan nilai belajar bahasa Indonesia sangatlah kuat. Nilai koefisien determinasi menunjukkan sebesar 49.7 % yang berarti bahwa variabel sikap bahasa mempengaruhi variabel nilai belajar bahasa Indonesia.

References

Aslinda dan Syazzfyahya, Leni. 2010. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT. Refika Aditama.

Basiran, Mokh. 1999. Apakah yang Dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud

Budiawan. 2008. Pengaruh Sikap Bahasa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Pembelajar SMA se-Bandar Lampung, (online), diakses 13 desember 2015.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. 2010. Sosiolingustik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. 2006. “Acuan Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia” Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. (online) (http://raihan-aniendy.blogspot.co.id/2011/02/mpk-bahasa-indonesia.html. diakses 20 desember 2015

Edward, John. 1985. Language, sosial, and Identity. Oxford: Basil Blackwell Ltd.

Fasold, Ralph. 1984. The Sosiolinguistics of Sosiety. Oxford: Basil Blackwell.

Fishman, Joshua A. 1972. International Journal of The Sosiology of Language”. The-Hague-Paris-New York Mouton Publishers.

Kartini, Ari. 2013. sikap bahasa dan kemampuan berbahasa masyarakat dwibahasawan serta model pembinaannya studi deskriptif analitis pada masyarakat sindang sari kecamatan kersamanah kabupaten garut. (Online), (http://www.distrodoc.com/17943.diakses 16 desember 2015)

Kridalaksana, Harimurti. 1974. Fungsi dan Sikap Bahasa. Ende: Nusa Indah.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Mar’at. 1984. Sikap Manusia: Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Parjiyono. 2008. Korelasi Faktor Keluarga dan lingkungan Sosial dengan Prestasi Belajar Kelas IX di SMP Negeri 4 Kuddus, (Online). (http//eprints.uns.ac.id/8007/1/73600907200904031.pdf. diakses 16 Desember 2015)

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Pendidik.

Rangkuti, Freddy. 2005. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published
2019-06-18
How to Cite
Aryanti, A. (2019). Pengaruh Sikap Bahasa Mahasiswa Yapim Maros terhadap Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 9-15. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/251