PERANCANGAN SISTEM PENGAMANAN RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER (ARDUINO) DENGAN METODE MOTION DETECTION

  • Anip Febtriko Dosen Tetap Teknik Informatika, FakultTeknik,Universitas Abdurrab

Abstract

Keamanan merupakan hal yang sangat mutlak diinginkan oleh setiap orang. Dengan adanya rasa aman maka orang tidak akan merasa khawatir.Untuk itu diperlukan suatu informasi keamanan yang cepat dan efektif agar pegawai sekuriti dapat langsung mengetahui informasi apabila ada tindakan pencurian pada ruangan yang di amankan. Pada proyek akhir ini dibahas tentang suatu sistem keamanan ruangan yang dilengkapi sensor PIR yang dipasang pada pintu masuk suatu ruangan maupun pada titik yang dianggap penting untuk diberi sistem keamanan. sensor passive infrared akan dipasang di pintu ruangan, kemudian sebagai pemrosesnya digunakan mikrokontroller Arduino. Kemudian untuk menginformasikan menggunakan led sebagai indikator, buzzer sebagai sirine peringatan dan lcd sebagai penampil teks notifikasi keadaan. Sistem ini cara kerjanya yaitu sensor PIR akan mendeteksi adanya keberadaan orang atau tidak pada ruangan yang diberi sistem keamaan ini, selanjutnya oleh mikrokontroller Arduino akan memproses datanya untuk memerintahkan agar alarm berbunyi serta memberikan notifikasi pada lcd bahwa adanya pergerakan pada ruangan . Passive infrared Receiver yang digunakan adalah sensor PIR KC778 R kemudian range sensor PIR yang digunakan pada sistem mempunyai range maksimal 60.

Author Biography

Anip Febtriko, Dosen Tetap Teknik Informatika, FakultTeknik,Universitas Abdurrab

Teknik Informatika, FakultTeknik,Universitas Abdurrab

Keywords: pir sensor, microcontroller, alarm, security systems

References

Andrianto, H. Buku Panduan Pelatihan Mikrokontroler AVR Atmega16, 2008.

Indriyanto,Yogi. Rancang Bangun Pintu Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Passive Infrared KC7783R DAN MIKROKONTROLER AT89S51.Jurnal Ilmiah “FMIPA” UNDIP 2007; 6; 11-14.

Khadir,Abdul. Dasar Pemograman Mikrokontroller Arduino. Jakarta : PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO, 2013 .2-3.

Lucky,Yuditia. Mikrokontroler Arduino Uno Untuk Mengontrol Suhu Ruangan Dengan Menggunakan Sensor Suhu, Kipas dan Liquid Crystal Display.Jurnal Ilmiah “Teknik Elektro” Universitas Mercu Buana 2013; 6; 21-25

Muhammad,Zaenal. Sistem Keamanan Rumah Berbasis PIR . Jurnal Fema 2011;1: 12-17.

Nurcahyo,Sidik. Aplikasi dan Teknik Pemograman Mikrokontroller Avr Atmel, Jakarta : PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO, 2013.162-165.

Oktavian I, Martinus, Sugianto. Pembuatan Sistem Otomasi Dispenser Menggunaan Mikrokontroler Arduino Mega 2560. Jurnal Fema 2013; 1:7-3.

Saptaji, H, W. Mudah Belajar Dengan Arduino Uno, Bandung: Penerbit Widya Media,2015. 167

Published
2016-01-10
How to Cite
[1]
A. Febtriko, “PERANCANGAN SISTEM PENGAMANAN RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER (ARDUINO) DENGAN METODE MOTION DETECTION”, rabit, vol. 1, no. 1, pp. 1-9, Jan. 2016.
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 998
downloads: 692