PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS V SDN 003 BANGKINANG

  • Putri Hana Pebriana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 003 Bangkinang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Dari 27 siswa hanya 13 siswa yang mencapai KKM yaitu sekitar 48%. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 003 Bangkinang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di siswa kelas V SDN 003 BangkinangTahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 27 orang. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis disimpulkan melalui penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi pecahan. Meningkatnya aktivitas guru dalam proses pembelajaran disebabkan karena guru sudah terbiasa Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Hasil belajar siswa  mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM hanya 18 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 54,54%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 21 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 63,63%. Siklus II siswa yang mencapai KKM 29 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 87,87%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, Gregoria. 2008. “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik yang dipadu Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw pada Kelas VII SMP st. Bernandus Madiun” dalam http://ariyanti.feeliesta.com/ diakses tanggal 3 April 2014.
Astuti, Astuti. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.L.], N. 2, P. 11-28, Oct. 2016. Issn 2579-9258.
Bahri Djamarah, Syaiful, 2002.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education Technipress: Culemborg, Netherland.
Iskak, Mohammad. 2007. Kapita Selekta Upaya Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas Menjadi Realitas di Era Pasar Bebas. Sukoharjo: Sinar Mulia.
Lapis PGMI, 2009. Pembelajaran Matematika MI. Surabaya : Amanah Pustaka, 2009
Soedjadi.2004. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta : Depdiknas.
Sudjana Nana, 2000.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT Sinar Baru Algensindo
Suwangsih dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI
Syamaun, Muzakkir. 2010. “Pendekatan matematika Realistik Cara Efektif Meningkatkan Pemahaman Logika Matematika Siswa”. Makalah diseminarkan di SepNas FKIP UNSYIAH, Banda Aceh, 24-25 Juni 2010.
Turmudi dan Aljupri. 2009. Pembelajaran Matematika. Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Zulfah, Zulfah. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar.Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.L.], N. 2, P. 65-76, Mar. 2018. Issn 2579-9258
Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 1
Published
2017-05-01
How to Cite
Pebriana, P. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS V SDN 003 BANGKINANG. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 68-79. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.9
Share |