Mengembangkan Kemampuan Analogi Matematis

  • Memen Permata Azmi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: penalaran, induktif, analogi, pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian literatur dengan objek penelitian yaitu kemampuan analogi matematis siswa dalam memahami dan meyelesaikan masalah matematika. Adapun yang menjadi fokus kajian literatur ini yaitu: (1) mendeskripsikan pengertian analogi (2) menggali proses bernalar menggunakan analogi, (3) menyusun permasalahan yang mengedepankan kemampuan analogi dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan ketiga fokus tersebut dihasilkan profil analogi yang akan memberikan gambaran mengenai proses berpikir analogi. Gambaran ini dapat dijadikan panduan pendidik dalam mengembangkan kemampuan analogi matematis siswa, Selain itu, gambaran mengenai kemampuan analogi matematis juga bisa dijadikan dasar berpijak untuk melakukan penelitian secara empiris menggunakan berbagai model dan pendekatan pembelajaran yang dapat memaksimalkan kemampuan analogi matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, S. 2011. Logika dan Penalaran Ilmiah, Filsafat Ilmu Lanjutan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Azmi, M. P. 2015. Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-
Abstract (CRA) Berbasis Intuisi untuk Meningkatkan Kemampuan
Analogi dan Komunikasi Matematik Siswa SMP. (Tesis). Sekolah Pasacasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Dahlan, J. A. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas
Terbuka Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
English, L. D. 1999. Reasoning by Analogy, pada Stiff, L.V, & Curcio,
F. R. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12. Reston:
NCTM. English, L. D. 2004. Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Herdian. 2010. Pengaruh Metode Discovery terhadap Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa SMP. (Tesis).
Sekolah Pasacasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam
Pembelajaran abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum
2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Isoda, M. & Katagiri, S. 2012. Mathematical Thingking How to Develop it in Classroom. Singapore: World Scientific. Kariadinata, R. 2012. Menumbuhkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matemtika STKIP Siliwangi Bandung.
Loc, N. P. & Uyen, B. P. 2014. Using Analogy in Teaching: an
Investigation of Mathematics Education Students in School of Education. International Journal of Education dan Research Vol. 2 No.
7.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston,
VA: NCTM. Novick, L. R. & Holyoak K. J. 1991. Mathematical Problem Solving by Analogy, Learning, Memory, and Cognition, 398-415. Journal of Experimental Psychology: American Psychological
Association Inc.
Shadiq, F. 2013. Penalaran dan Analogi? Pengertian dan Mengapa Penting? Artikel Widyaiswara PPPPTK Matematika.
Soekardijo, G.R. 1999. Logika Dasar Tradisional, Simbolik dan Induktif.
Jakarta: Gramedia.
Sumarmo, U. 2013. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.
Suriadi. 2006. Pembelajaran dengan Pendekatan Discovery yang
Menekankan Aspek Analogi untuk Meningkatkan Pemahaman
Matematik dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. (Tesis).
Sekolah Pasacasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Suriasumantri, J.S. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer.
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 1
Published
2017-05-01
How to Cite
Azmi, M. (2017). Mengembangkan Kemampuan Analogi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 100-111. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.12
Share |