PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 009 BANGKINANG

  • Putri Hana Pebriana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: Model Pembelajaran, Quantum Teaching, Motivasi Belajar

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami materi yang diberikan guru. Ini disebabkan pembelajaran matematika di dalam kelas dilakukan dengan metode ceramah dengan keterlibatan siswa yang kurang. Motivasi belajar matematika siswa masih tergolong rendah sehingga mengakibatkan hasil belajar yang rendah pula. Siswa kurang bersemangat, kurang aktif dalam mengungkapkan pendapatnya, suasana pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching. Model ini tidak hanya menawarkan materi pembelajaran tetapi bagaimana menciptakan hubungan emosional yang baik dalam dan ketika belajar tetapi juga membuat siswa menjadi tertarik dan berminat pada pelajaran matematika. Bentuk penelitianini adalah Penelitian Tindaka kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 009 Bangkinangpada materi luas bangun datar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada ulangan siklus I nilai rerata siswa meningkat sebesar 9,8 poin dari skor dasar menjadi 73,8. Pada siklus II  meningkat sebesar 8,4 poin dari siklus I menjadi 76,95. Data kualitatif berupa tes motivasi pada siklus I meningkat sebesar 18,04 poin dari skor dasar menjadi 54,68 Pada siklus II meningkat 21,08 poin dari siklus I menjadi 75,76 dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi matematika siswa kelas V  SD Negeri 009 Bangkinang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
KTSP.2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional
Mulyasa, E. 2010. Praktik Penelitian Tidakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suherman, E. dan Winataputra, U. 1999. Strategi Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka
Published
2017-11-01
How to Cite
Pebriana, P. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 009 BANGKINANG. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 64-73. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.21
Share |