ANALISIS KESULITAN BELAJAR STRUKTUR ALJABAR PADA MAHASISWA SEMESTER III JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI RIAU TAHUN AJARAN 2015/2016

  • Astuti Astuti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Zulhendri Zulhendri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dimana letak kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar struktur aljabar yang dialami oleh mahasiswa agar nilai struktur aljabar lebih baik dan memuaskan sehingga mahasiswa termotivasi untuk mengikuti mata kuliah struktur aljabar. Subjek penelitian yang diambil yaitu mahasiswa semester III tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, metode observasi dan metode wawancara. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang daftar nama mahasiswa yang dijadikan susbjek penelitian. Metode tes digunakan untuk memperoleh data penyelesaian mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar.metode observasi diguankan untuk mengetahui kondisi objektif saat kegiatan belajar mengajar struktur aljabar dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Metode wawancara dilakukan untuk mengetahui secara jelas permasalahan yang dihadapi mahasiswa ketika belajaar struktur aljabar. Letak kesulitan mahasiswa dalam belajar struktur aljabar yaitu pada bagian pemecahan masalah, konsep dan keterampilan. Kesulitan yang paling tinggi dialami oleh siswa adalah pada bagian pemecahan masalah dengan persentase 62,5%. Kesulitan lain yang dialami oleh mahasiswa yaitu kesulitan dalam konsep dengan persentase 50%. Kesulitan yang terkahir dialami oleh mahasiswa yaitu kesulitan pada keterampilan dengan persentase 45,7%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono.1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Anurahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: AlfabetaArikunro, Sukarsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Astuti, Astuti. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.L.], N. 2, P. 11-28, Oct. 2016. Issn 2579-9258
Furqon, Lailul. 2007. “Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 8 Malang pada Pokok Bahasan Lingkaran dan Pengajaran Remedialnya”
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Nisa’, Khoirun. 2011. “Analisis Kesulitan Bealajar Matematika pada peserta Didik Kelas VIII Semester II Pokok Bahasan Panjang garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran MTs Negeri bonang Tahun Pelajaran 2010/2011”
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Sugiono. 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sujana, Nana. 2008. Penilian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosda karya
Suryabrata, Sumardi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo
Syamsuddin, Abin. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya
Wakitri. 1990. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika

Zulfah, Zulfah. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar.Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.L.], N. 2, P. 65-76, Mar. 2018. Issn 2579-9258
Published
2018-08-06
How to Cite
Astuti, A., & Zulhendri, Z. (2018). ANALISIS KESULITAN BELAJAR STRUKTUR ALJABAR PADA MAHASISWA SEMESTER III JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI RIAU TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17-23. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.5
Share |

Most read articles by the same author(s)