PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TUALANG

  • Ade Irma Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Desisma Herlina UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zulkifli Nelson UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Model Pemebelajaran Student Teams-Achievement Divisions, Pemecahan Masah Matematis,, Kemampuan Awal

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 3 Tualang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.8 dan VIII.9 SMP Negeri 3 Tualang dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal. Teknik analisis data yang digunkan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan ini diperkuat dari nilai mean yang berbeda, dimana nilai mean kelas eksperimen yaitu 78,62 lebih besar dari pada nilai mean kelas kontrol yaitu 74,07. (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Terdapat kontribusi antara kemampuan awal dengan pemecahan masalah matematis. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian secara umum model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 3 Tualang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendi Zakaria,dkk. 2007. Tren Pengajaran dan Pembelajaran Matematika. Kuala Lumpur: Utusan Publication dan Distributor SDN BHD.

Lampiran Permendiknas Nomor 58 Tahun 2014.

Melly Andriani & Mimi Hariani. 2013. Pembelajaran Matematika SD/MI. Pekanbaru: Benteng Media.

Mulyono Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Noviarni. 2014. Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya. Pekanbaru: Benteng Media, 2014.

Risnawati. 2013. Keterampilan Belajar Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Robert, E. Slavin. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sains edutaiment, Pengertian Kemampuan Awal, [online], tersedia di: http://sainsedutaiment.blogspot.co.id/2011/04/kemampuan-awal-prior-knowledge.html, diakses: 30 April 2016.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2018-08-23
How to Cite
Irma, A., Herlina, D., & Nelson, Z. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TUALANG. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 54-60. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.45
Share |