PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

  • Arnida Sari Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau
  • Suci Yuniati UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan adalah Postest Only Control Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan rata-rata menggunakan uji t lebih baik di kelas eksperimen daripada di kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Hendrayana. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) terhadap Pemahaman Konseptual Matematis Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (2), 186-199.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). (2006). Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Fadhila El Husna, Fitriani Dwina dan Dewi Murni. (2014). Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemamupan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 26-30.
Hartono. (2010). Analisis Item Instrumen. Pekanbaru : Zanafa Publishing.
Hayatun Nufus dan Suci Yuniati. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 1 (1), 54-59.
Nela Rizka, Hendra Syarifuddin dan Suherman. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 44-48.
Nur Atika, Zubaidah Amir MZ. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME untuk Menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2 (2), 103-110.
Prabowo, Agus dan Pramono Sidi. (2010). Potensi PMRI sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika”, (Program Studi Matematika Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Terbuka.
Saleh, Muhammad. (2012). Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13 (2).
Saraswati dkk. (2012). Penerapan pembelajaran two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan minat. Journal of Mathematics Education Unnes.
Siti Nur’aini, Riana Irawati dan Julia. (2016). Pengaruh pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 691-700.
Suci Yuniati dan Arnida Sari. (2018). Pengembangan Modul Matematika terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Provinsi Riau, 4 (1), 157-165.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.
Suherman, Erman dkk. (2003) Common Textbook Strtaegi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung : UPI Press.
Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2018-08-27
How to Cite
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49
Share |