Pengaruh Strategi Belajar Aktif Sortir Kartu Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Keywords: strategi belajar aktif sortir kartu, kemampuan pemecahan masalah matematis

Abstract

The aim of this research is finding students' mathematical problem-solving skills based on high, medium and low initial knowledge. This research is a quasi-experimental study. The research sample used students in VIIIA and students in VIIIB SMPN 1 Kerinci that selected using random sampling techniques. The research data were processed using the t-test and the Mann Whitney test to comparing students' problem-solving skills that using active learning strategy sorting cards and problem-solving skills of students using ordinary learning. The result of data analysis showed that the mathematical problem-solving skill of students with high, medium and low initial knowledge was better than the mathematical problem-solving skill of students with the same initial knowledge that used ordinary learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa di VIIIA dan siswa di VIIIB SMPN 1 Kerinci yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data hasil penelitian diolah menggunakan uji t dan uji Mann Whitney dengan tujuan membandingkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan strategi belajar aktif sortir kartu dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan kemampuan awal yang sama yang menggunakan pembelajaran biasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, B., Deswita, R., Ningsih, F & Syafriadi (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Mathematical Habits Of Mind Mahasiswa Matematika. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 33-42

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 tentang SI dan SKL. Jakarta: Sinar Grafika.

Fadhillah, A. P. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru Ditinjau Dari Kemampuan Awal (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Fauzan, A. (2011). Modul Evaluasi Pembelajaran Matematika: Pemecahan Masalah Matematika. Padang: Universitas Negeri Padang Press.

Kusyono, A. (2010). Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Dengan Penggunaan Macro Media Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Polanharjo Klaten TA 2009/2010 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Meditamar, M. O., Gunawan, R. G., Oktafia, M., & Nurmailis, N. (2017). Pengaruh Strategi Belajar Murder dengan Setting Belajar Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kerinci. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 11-21.
National Council of Teachers of Mathematics (Ed.).(2000). Principles and Standards for School Mathematics (Vol. 1). Reston, VA: NCTM.

Safitri, M. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur.

Stofiana, T. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Pada Pembelajaran Bercerita Pengalaman Meggunakan Media Sortir Kartu (Sort Card) Pada Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 2 Lasalimu Selatan. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 3(2), 79-86.

Suherman, E. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Sumarmo, U. (2000). Pengukuran Evaluasi dalam Pendidikan. Bandung: UPI.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.

Witari, M., Rery, R. U., & Haryati, S. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort (Kartu Sortir) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMAN 5 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1-10.

Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Statistika Terhadap Kemampuan Penalaran Statistik Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35-47.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Published
2019-09-24
How to Cite
Gunawan, R., & Putra, A. (2019). Pengaruh Strategi Belajar Aktif Sortir Kartu Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 362-370. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.119
Share |