Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Kata Sandi Berbasis Arduino Nano

Dwiyana indra prasetya, Mushlihudin Mushlihudin

Abstract


Saat ini jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat. Hampir setiap orang mempunyai sebuah sepeda motor bahkan lebih. Banyaknya sepeda motor tersebut berdampak pada tindakan pencurian sepeda motor yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini akan merancang sebuah sistem pengaman sepeda motor berbasis Arduino Nano untuk mencegah pencurian sepeda motor. Metode yang digunakan pada sistem pengaman sepeda motor ini dengan cara memasukkan password untuk menyalakan mesin. Sistem ini menghitung kesalahan masukan password sebanyak tiga kali yang akan memicu alarm berbunyi dan mesin motor tidak dapat dinyalakan. Sistem ini juga dilengkapi dengan infrared remote yang berguna untuk mematikan alarm yang berbunyi dari jarak tertentu. Pada saat password yang dimasukkan benar maka Arduino Nano akan menghubungkan relay coil sehingga mesin motor dapat dinyalakan. Berdasarkan pengujian sistem pengaman sepeda motor ini diperoleh hasil bahwa saat memasukkan password benar dan salah persentase keberhasilannya sebanyak 100%. Sedangkan pada saat mematikan alarm menggunakan remote dengan jarak 1 meter, 3 meter, dan 7 meter persentase keberhasilannya 100%, 80%, dan 60%. 


Keywords


Keamanan sepeda motor; Arduino nano; Kata sandi keamanan; Sepeda motor; Infrared remote.

Full Text:

PDF

References


Akhmad Fauzi, Mushlihudin, Rancangan Sistem Palang Pintu Otomatis Pada Jalur Bus Rapid Transit Berbasis Arduino. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI). 2017; 03(4): 11.

Ibrahim, Wahyu.Prototipe Sistem Pengaman Sepeda Motor Menggunakan SMS Gateway Berbasis Mikrokontroler ATMega32. Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan.2016.

Dwi Ely Kurniawan, Muhamad Naharus Surur, Perancangan Sistem Pengamanan Sepeda Motor Menggunakan Mikrokontroler Raspberry Pi dan Smartphone Android. Jurnal Komputer Terapan. 2016; 02(02): 94.

Supiati, H. Muh Yudi, Sitti Chadijah. Pengaruh Konsetrasi Aktivator Asam Klorida (HCL) Terhadap Kapasitas Adsorpsi Arang Aktif Kulit Durian Pada Zat Warna Methanol Yellow. Jurnal Teknik Kimia. 2013; 02(02): 54

Santoso, Ervin Setyobudi.Prototipe Sistem Keamanan Pintu Ruangan Menggunakan Barcode Password Dan Pin Password.Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan.2007.

Kadir, Abdul. From Zero to a Pro Arduino. Yogyakarta: Andi Publisher. 2014.

Mochamad Teguh Kurniawan, Achmad Rizal. Rancang Bangun Sistem Pengaman Sepeda Motor Anti Maling. Prosiding SENTIA. Malang. 2009: E-103

Solikin, Achmad. Rancang Bangun Keamanan Sepeda Motor Via Sms Dengan Arduino. Yogyakarta: STIMIK AMIKOM. 2013.

Karseno, D.Sistem Pengamanan Rumah Dengan Security Password Menggunakan Remote Berbasis Mikrokontroller Arduino. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom. 2011.

Suwarto, Toto. Mencari dan memperbaiki Kerusakan Sepeda Motor 4-tak. Jakarta Selatan: Kawan Pustaka. 2008.

Kadir, Abdul.From Zero to a Pro Arduino. Yogyakarta: Andi Publisher. 2014.

Aan Marianto, Muchlas, Rancang Bangun Robot Forklift Dengan Kendali Smartphone Android Berbasis Arduino Mega 2560. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI). 2017; 03(2): 20.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jiteki.v4i1.8985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
 


Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika
ISSN 2338-3070 (print) | 2338-3062 (online)
Organized by Electrical Engineering Department - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/jiteki
Email 1: jiteki@ee.uad.ac.id
Email 2: alfianmaarif@ee.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Teknik Elektro, Lantai 6 Sayap Barat, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia