Pengembangan Model Pembelajaran PAI Berbasis Ekstrakurikuler

  • Yoyoh Badriyyah IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
Keywords: Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Krida Nusantara

Abstract

There are many efforts made by schools in efforts to develop Islamic Education learning in schools. However, sometimes these efforts are still unable to solve the problems that arise in schools. Management of extracurricular programs in schools requires a well-planned and comprehensive design that includes all learning components. Because these learning components contribute to the success rate of the implementation of learning. Krida Nusantara, as a public-based school has shown a model in the development of Islamic Education learning in public schools, namely through an integrated approach with well-managed extracurricular religious programs. The results of this study show that the success of implementing Islamic Education learning in schools is supported by the extracurricular religious education program. (penag) which is well designed and implemented, starting from the aspects of learning design (learning objectives, teaching materials, process and evaluation), management staff (religious leaders), teaching staff, and controlling learning constraints.

Abstrak

Banyak upaya yang dilakukan sekolah dalam upaya pengembangan pembelajaran PAI di sekolah. Namun upaya-upaya tersebut terkadang masih belum mampu mengatasi persoalan yang muncul di sekolah. Pengelolaan program ekstrakurikuler di sekolah dibutuhkan suatu desain yang terencana dengan baik serta komprehensif mencakup seluruh komponen-komponen pembelajaran. Sebab komponen-komponen pembelajaran tersebut ikut andil mempengarhui tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajran. Krida Nusantara, sebagai sekolah yang berbasis umum telah menunjukan sebuah model dalam pengembangan pembelajaran PAI di sekolah umum yaitu melalui pendekatan inegrasi dengan program ekstrakurikuler keagamaan yang terkelaola dengan baik.hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran PAI di sekolah karena ditunjang oleh program ekstrakurikuler pendidikan agama (penag) yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik, mulai dari aspek desain pembelajaran (tujuan pembelajaran, materi ajar, proses dan evaluasi), tenaga pengelola (pamong agama), tenaga pengajar, serta pengendalian kendala pembelajaran.

References

Anonimus, 2004. Pedoman Pendidikan Agama Islam Untuk Sekolah Umum (SMA dan SMK). Jakarta: Direktorat KJendral Kelembagaan Agama Islam Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum.

Anonimus, 2004. Pedoman Pendidikan Agama Islam Untuk Sekolah Umum (SMA dan SMK). Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum.

Anonimus. 1996. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler sebagai Salah Satu Jalur Pembinaan Kesiswaan. Jakarta:Depdikbud.

Anonimus. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan SMAT Krida Nusantara.

Bandung: Krida Nusantara.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayati, F. (2016). Keefektifan Metode Reciprocal Learning Dan Talking Stick Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau Dari Minat Membaca Karya Sastrasiswa Kelas X Sma Negeri Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.

Hidayati, F., & Kamaludin, K. (2021). Analisis Pengaruh Teknik Think Pair Share dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi pada Taruna Akademi Maritim Cirebon. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 463-471.

Jamaludin, Dindin. 2010. Metode Pendidikan Anak: Teori dan Praktik, Bandung: Pustaka Al-Fikriis.

Kementrian Agama RI, 2013. Lampiran permenag no 912 tentang penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dan bahasa Arab di madrasah.

Lemlit UIN SGD Bandung, 2015. Model Pengembangan Pembelajaran Alquran Untuk Pemberantasan Baca Tulis Alquran di Kalangan Pelajar. UIN SGD Bandung: Gunung Djati Pers.

Muhaimin. 2003. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: PSAPM. Muhaimin. 2009. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah,

Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhajir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitataif. Yogyakarta: Pahe Sarasin.

Moleong, Lexy J, 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosyda Karya.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Algesindo.

----- 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode dan Teknik, Bandung: Tarsito.

Published
2019-09-22
How to Cite
Badriyyah, Y. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran PAI Berbasis Ekstrakurikuler. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(2), 185-209. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.17

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.