Aplikasi Pengenalan Tarian Dan Lagu Tradisional Indonesia Berbasis Multimedia

Authors

  • Bayu Priyatna Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Shofa Shofia Hilabi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nono Heryana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Arip Solehudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.1978

Abstract

Keaneka ragaman adat dan budaya di Iindonesia sebagai warisan nenek moyang yang tidak ternilai harganya merupakan salah satu cerminan masyarakat Indonesia sebagai makhluk bermoral, berakal dan berperasaan. Keanekaragaman adat dan budaya Indonesia seperti upacara adat, kesenian, tari-tarian, senjata tradisional, lagu-lagu daerah dan pakaianadat memiliki nilai-nilai moral yang dapat dijadikan landasan dan diimplementasikan di kehidupan nyata. Dalam upaya melestarikan budaya Indonesia perlu adanya pengenalan tentang adat dan budaya Indonesia terhadap putra dan putri bangsa sejak usia dini agar budaya nusantara  tetap lestari dan tidak hilang bahkan punah, terutama tari-tarian dan lagu nusantara yang selalu menjadi kekuatan dan ciri khas dari budaya Indonesia di mata dunia. Membangun multimedia interaktif merupakan inovasi yang tepat dalam memperkenalkan budaya Indonesia. Metode dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan Interactive Multimedia System Design & Development Cycle secara khusus memberikan pembahasan mengenai tahapan pengembangan dan perancangan untuk sistem multimedia interaktif, hasil dari pembuatan aplikasi di uji terlebih dahulu dengan white box testing sebelum di publikasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bayu Priyatna, Universitas Buana Perjuangan Karawang

lecturer

References

Al-Bahra Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta, Graha Ilmu, (2005).

Iwan Binanto, (2010), Multimedia digital - dasar teori dan pengembangannya, Yogyakarta.

Jannner S. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Jogiyanto H.M (2005). Analisis & Desain, Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Kristo Radion, (2012), Easy Game Programming Using Flash: Yogyakarta.

Vaughan, (2004), Multimedia Aplication, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Charles Gunawan, (2013), Aplikasi Perangkat Ajar Pengenalan Seni Dan Budaya Indonesia “Petualangan Sibi” Untuk Sekolah Dasar Kelas VI, Jurnal: BNUS: Jakarta.

Selpan Tetoni, (2010), Pengenalan Aneka Ragam Adat Dan Budaya Yogyakarta Melalui Media Interaktif Pada Sekolah Dasar Negeri Perumnas Condong Catur, AMIKOM, Yogyakarta.

Nana Sutiana (2012). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Alfabet Berbasis Multimedia Dengan Model Luther-Sutopo. Tasikmalaya: TIK.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

[1]
B. Priyatna, S. Shofia Hilabi, N. Heryana, and A. Solehudin, “Aplikasi Pengenalan Tarian Dan Lagu Tradisional Indonesia Berbasis Multimedia”, Systematics Journal, vol. 1, no. 2, pp. 89–98, Dec. 2019.