Pemanfaatan media gambar berseri untuk memperkaya kemampuan menulis naratif bahasa inggris siswa kelas IX MTS NW Nurul Wathon Pengembur Lombok Tengah

Authors

  • Ika Rama Suhandra Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.576

Keywords:

picture series, English, writing skill

Abstract

[Bahasa]Penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi internasional merupakan tuntutan bagi siswa agar mampu bersaing di era globalisasi. Masyarakat di daerah destinasi wisata seperti Lombok membutuhkan penguasaan Bahasa Inggris yang baik agar memudahkan mereka untuk mencari lapangan pekerjaan. Oleh karenanya siswa di sekolah harus mendapatkan pembelajaran Bahasa Inggris yang baik agar memiliki kompetensi yang memadai. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi bahasa Inggris bagi siswa kelas IX melalui pemanfaatan gambar berseri. Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan pengabdian tindakan kelas (PTK) dengan partisipan sebanyak 24 siswa kelas IX. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemanfaatan media gambar berseri dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan menulis naratif dalam Bahasa Inggris.

Kata kunci: gambar berseri, bahasa Inggris, kemampuan menulis

[English]Mastery of English as an official international language is a demand for students to be able to compete in the era of globalization. The residents in tourist destination areas such as Lombok need to master good English in order to be easier in finding jobs. Therefore students in schools must get good English learning in order to have adequate competence. The purpose of this community service activity is to improve the ability to write English narratives for students of class IX through the use of serial images. The method used was classroom action research with 24 students as participants in IX grade. The results show that the use of serial image media in learning English can improve the ability to write narratives in English.

Keywords: picture series, English, writing skill

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angkowo, R., dan Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Borg, W.R & Gall, M.D. Gall. 1989. Educational Research: An Intoduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Enro, Fachruddin Ambo. 1988. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud P2LPTK.

Iskandar, dan Sukini. 2009. Bahasa Indonesia 4: Untuk Kelas 4 SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Indonesia dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Porwadarminta. 1984. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sadiman, Arief S dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sanaky, Hujair . 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sudjana, Nana dan Achmad Rivai. 2009. Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

The Liang Gie. 1992. Pengantar Dunia Karang-Mengarang. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Tizen, Ella Farida. 2008. Gambar Berseri Sebagai Media Pembelajaran. [online]. Tersedia: http://suaraguru.wordpress.com/2015/03/gambar-berseri.html [6 Maret 2015]

Zainurrahman. 2011. Menulis dari Teori Hingga Praktek. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Suhandra, I. R. (2018). Pemanfaatan media gambar berseri untuk memperkaya kemampuan menulis naratif bahasa inggris siswa kelas IX MTS NW Nurul Wathon Pengembur Lombok Tengah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 63–76. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.576