PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PROGRAM JAMKESMAS DI KABUPATEN SELUMA

Abstract

Program Jamkesmas adalah suatu program jaminan sosial yang diberikan kepada masyarakat miskin tanpa adanya kewajiban bagi masyarakat miskin untuk memberikan kontribusi premi atau iuran, dimana dalam menentukannya diperlukan seleksi atau mean test. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap masyarakat dengan kepuasan pelayanan program Jamkesmas di wilayah Puskesmas Air Periukan Tahun 2013. Jenis penelitian bersifat survey analitik dengan metode cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta Jamkesmas yang melakukan kunjungan di wilayah Puskesmas Air Periukan Tahun 2012 yaitu sebanyak 508 orang, sedangkan Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling yaitu 128 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dari 35 peserta Jamkesmas yang mempunyai pengetahuan kurang sebagian besar 27 (77,1%) merasa tidak puas dengan pelayanan Jamkesmas. Hasil Uji statistik menunjukkan nilai p=0,002, < nilai α = 0.05 hal ini berarti ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan masyarakat tentang pelayanan Jamkesmas dengan kepuasan pelayanan Jamkesmas di wilayah Puskesmas Air Periukan. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa dari 57 masyarakat peserta Jamkesmas yang mempunyai mempunyai sikap tidak mendukung sebagian besar 45 (78,9%) merasa tidak puas dengan pelayanan Jamkesmas. Hasil Uji statistik menunjukkan nilai p=0,00, < nilai α = 0.05 hal ini berarti ada hubungan yang bermakna antara sikap masyarakat tentang pelayanan Jamkesmas dengan kepuasan pelayanan Jamkesmas.