Perspektif Ekonomi Syariah Tentang Peranan Bank Sampah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Tempatan

Authors

  • Boy Syamsul Bakhri Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2018.vol1(1).2626

Keywords:

Bank Sampah, Kesejahteraan, Ekonomi Syariah

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan bank sampah terhadap kesejahteraan  masyarakat tempatan dan bagaimana perspektif ekonomi syariah terhadap fenomena tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peranan bank sampah terhadap kesejahteraan masyarakat tempatan dan bagaimana perspektif ekonomi syariah terhadap fenomena tersebut. Dalam menganalisis data kuantitatif digunakan analisis regresi linear sederhana dimana proses perhitungannya menggunakan SPSS for Windows versi 23,0. Sampel penelitian ini sebanyak 42 orang masyarakat tempatan yang menjadi nasabah dan pekerja dibank sampah yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. Dari hasil penelitian ini diketahui peranan peranan bank sampah terhadap kesejahteraan masyarakat tempatan memiliki hubungan yang sangat erat, ini diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar 90,1%. Sedangkan hasil uji parsial menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara peranan bank sampah terhadap kesejahteraan masyarakat tempatan, ini diketahui dari nilai thitung (13.164) lebih besar dari ttabel (1,684) ini berarti secara parsial dapat diketahui bahwa variabel X (peranan bank sampah) berpengaruh terhadap variabel Y (kesejahteraan masyarakat tempatan). Dari perspektif ekonomi syariah, masyarakat tempatan telah memiliki kesejahteraan moral, kesejahteraan spiritual, dan kesejahteraan sosial. Sedangkan kesejahteraan material belum terpenuhi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beik, Irfan Syauqi dan Laily Dwi Arsyianti, 2016, Ekonomi Pembangunan Syariah, Rajawali Pers, Jakarta.
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya, 2014, Sygma, Semarang.
Munawir, 2015, Bank Sampah Upaya Pemberdayaan Masyarakat dan Penanganan Lingkungan, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 1, p.31-37.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII Yogyakarta, 2008, Ekonomi Islam, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Pusat Bahasa, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Gramedia, Jakarta.
Priyatno, Duwi, 2016, SPSS Handbook Analisis Data, Olah Data dan Penyelesaian Kasus-Kasus Statistik, Mediakom, Yogyakarta.
Riduwan dan Akdon, 2010, Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika, Alfabeta, Bandung.
Sanusi, Anwar, 2014, Metodologi Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Soekonto, Soerjono, 2015, Sosiologi Suatu Pengantar, Rajawali Pers, Jakarta.
Suyomukti, Nurani, 2016, Pengantar Sosiologi: Dasar Analisis, Teori dan Pendekatan Menuju Analisis Masalah- Masalah Sosial, Perubahan Sosial dan Kajian-Kajian Strategis, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.
Wirawan, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Downloads

Published

2018-06-30