Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Offline Pada Hijab (STUDI Kasus : Mahasiswa Universitas Islam Riau)

Authors

  • Zulfadli Hamzah Universitas Islam Riau
  • Muhammad Arif Universitas Islam Riau
  • Chairun Nisa Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3694

Keywords:

Strategi Pemasaran, Jual Beli, Online, Ofline, Hijab

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi semakin berkembangnya sistem teknologi informasi yang berimbas pada perkembangan pemasaran yakni memanfaatkan teknologi informasi dalam melakukan transaksi pembelian secara online. Pembelian secara online merupakan salah satu alternatif yang dipilih karena alasan kemudahan, cepat dan praktis. Selain itu, tidak sedikit juga konsumen memilih pembelian secara offline dengan alasan kepercayaan dan keamanan. Salah satunya dalam produk hijab. Ada kemudahan dalam pembelian hijab secara online namun barang yang dipesan tidak sesuai dengan visualisasi gambar. Sementara dalam pembelian hijab secara offline barang yang diinginkan bisa diketahui spesifikasinya namun jangkaun lokasi dan biaya menjadi hambatan bagi konsumen. Untuk itu, penulis tertarik untuk meneliti analisis komparasi strategi pemasaran dalam transaksi jual beli online dan offline pada hijab (studi kasus: Mahasiswi Universitas Islam Riau) berdasarkan faktor produk, harga, promo, tempat, orang, proses dan bukti fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan strategi pemasaran dalam transaksi jual beli online dan offline pada hijab (studi kasus: Mahasiswi Universitas Islam Riau). Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Universitas Islam Riau. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah strategi pemasaran dalam transaksi jual beli online dan offline pada hijab. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan angket. Jenis penelitian ini merupakan komparatif dimana proses perhitungannya menggunakan SPSS For Windows versi 23.0 dengan uji analisis paired sample t-test (Uji t dua sampel berpasangan). Sampel penelitian ini sebanyak 99 orang. Berdasarkan hasil uji Perbandingan (Paired T-test) diketahui nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05 (nilai probabilitas). Dan berdasarkan nilai -thitung < -ttabel yaitu -2,692 < -0.196, maka ini membuktikan terdapat perbedaan strategi pemasaran dalam jual beli online dan offline pada hijab (Mahasiswi Universitas Islam Riau).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Arif, M. Nur Rianto dan Euis Amalia, 2010, Teori Mikroekonomi (suatu perbandingan ekonomi islam dan ekonom konvensional), Kencana, Jakarta.
Agustin, Hamdi, 2017, Studi Kelayakan Bisnis Syariah, Rajawali Pers, Depok.
Al-Khasyt, Muhammad Ustman, 2011, Fiqh Wanita 4 Mazhab, Khazanah Intelektual, Bandung.
Firdaus, Iqro’, 2013, Bismillah Aku berjilbab, Diva Press, Yogyakarta.
Ghazaly, Abdul Rahman dkk, 2010, Fiqh Muamalat, Kencana, Jakarta.
Hasan, Iqbal, 2010, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Hidayat, Enang, 2011, Fiqh Jual Beli, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Huda, Nurul dkk, 2017, Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi, Kencana, Depok
Iskandar, Arief, 2013, Jilbab Syar’i, Khilafah Press, Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2008, Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13, Erlangga, Jakarta.
Prasetio, Adhi, 2012, Smart Guide Jualan Online, TransMedia, Jakarta.
Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani, 2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.
Sanusi, Anwar, 2016, Metodologi Penelitian Bisnis, , Salemba Empat, Jakarta.
Setiadi, Nugroho J, 2013, Perilaku Konsumen, Kencana, Jakarta.
Siregar, Syofian, 2014, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Bumi Aksara, Jakarta
Sufyan, 2013, Samudera Hikmah di Balik Jilbab Muslimah. Pustaka Al Inabah, Bandung.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, CV. Andi, Yogyakarta

Downloads

Published

2019-06-30