Internalisasi Perspektif Bhineka Tunggal Ika Dalam Pendidikan Agama Islam Di Indonesia

  • Rozib Sulistiyo
Keywords: internalization, Bhineka Tunggal Ika, Islamic Religious Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali perspektif Bhinneka Tunggal Ika (BTI) yang identik dengan gagasan multikulturalisme dalam ajaran Islam secara literer. Dari penelusuran secara filosofis dapat dikembangkan untuk penguatan implementasi pendidikan agama Islam di Indonesia. Melalui filsafat Islam bisa diketahui bahwa  manusia dalam penerimaan tatanan moralnya tidak selalu sama dengan manusia lainnya. Ketidaksamaan ini disebabkan karena perbedaan karakter alamiah yang mendasari setiap individu. Implikasinya dalam  menerima perbaikan  juga sangat beragam.  Perspektif BTI itu bisa dikembangkan dalam Pendidikan Agama Islam. Untuk itu, pendidik diharuskan untuk menentukan strategi yang tepat guna membentuk pribadi muslim Indonesia bersusila menghargai kemajemukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Zainal Abidin. Piagam Nabi Muhammad SAW Konstitusi Negara Tertulis Yang Pertama Di Dunia. Jakarta:Bulan Bintang, 1973.
Syaibany, Omar Muhammad al Toumy. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1979
Amiruddin, Pluralisme: Wacana, Praktek dan Penolakan. http//www.lkis.org./
Awan, Mahmud. The Faith Community And World Order In The Perspective Of Islam dalam Ismail raji al Faruqi (ed.), Trialogue of the Abrahamic Faiths. New Delhi: Genuine Publications Pvt. Ltd., 1989
Bawani, Imam. Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Surabaya: al Ikhlas, 1993
Boisard, Marcel A. Humanisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1979
Fadjar, Abdullah. Peradaban dan Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 1991
Feillard, Andree. NU Vis-a -Vis Negara; Pencarian Isi Bentuk Dan Makna. Yogyakarta: LkiS, 1999
Garcia, Ricardo L. Theaching In Pluralistic Society. New York: Harper & Row Publishers, 1982
Hanurawan, Fattah. “Multicultural Perpective In Indonesian Social Sciences Studies And Student Prejudice Reduction” Jurnal Ilmu Pendidikan Edisi Desember 1998 volume 5 Nomor Suplemen.
Hasan, S. Hamid. pendekataan multikultural untuk penyempurnaan kurikulum nasional, http:// www.depdiknas.go.id/ Jurnal/ 26/ hamid
Haroen, Hilman. “Epistimologi Idealistik Syekh Az-Zarnuji, Telaah Naskah Ta’lim Muta’allim,” Jurnal Studi Islam Profetika 15 (2), 160-174.
Koentjaraningrat. Bunga Rampai Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia, 1994
Kompas, Mutikulturalisme Di Tengah Kultur Monolitik Dan Uniformitas Global, Jum’at; 28 Desember 2001
Maarif, Ahmad Syafii. Peta Bumi Intelektualisme Islam di Indonesia. Bandung: Mizan, 1993
MS, Djohar Reformasi dan Masa Depan Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: IKIP Negeri Yogyakarta, 1999
Setiani, Setiani dan Difla Nadjih. “Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam Di Tk ABA Kalibulus Rogobangsan Bimomartani Ngemplak Sleman,” Jurnal Ulumuddin Volume 6, Nomor 2, Desember 2016, h. 125-136
Tilaar, HAR. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta. 2000
Published
2018-06-14
How to Cite
Sulistiyo, Rozib. “Internalisasi Perspektif Bhineka Tunggal Ika Dalam Pendidikan Agama Islam Di Indonesia”. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 8, no. 1 (June 14, 2018): 63-78. Accessed March 29, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/187.