ANALISIS BUKU TEKS GEOGRAFI SMA KELAS XII PADA MATERI POLA KERUANGAN DESA DAN KOTA DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK TERBITAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

Saiful Amin

Abstract


The purpose of research is to know the level of the suitability of the content to the curriculum,  the truth of concept, the truth of language, truth and the function of media images contained in the textbook BSE Geography class XII. This study is a content analysis using the document as an object. The design of research using content analysis techniques to describe objectively, systematically, and communicative with using a set of procedures to draw conclusions from a text book. The population in this study are all Geography Document class XII DIKNAS publications that have been circulating. Determination of sample use purposive sampling, a like BSE, entitled ”Geografi untuk Kelas XII SMA/MA”, by Eny Anjayani and Tri Haryanto. The results showed that there are some of the content of the material that is not in accordance with  the indicators, the truth of concept (the concept of undefined and a concrete concept) is still wrong, truth in language textbook BSE Geography is still wrong, and media images that are used in the textbook still does not work. It is recommended when using text books, teachers should first examine whether the content of textbooks is already fit for use or left things out that need to be improved, both in terms of curricular as well as in terms of the concept of truth. If found shortcomings or mistakes should be corrected first before delivered during learning. In addition, the author should revise the textbooks BSE Geography class XII mainly in conformity with the curriculum content, the truth of concept, the truth of language, and the function of drawing media.

Keywords: text analysis, BSE, pattern of the Rural and Urban.

 


Full Text:

PDF

References


Anjayani, Eni & Haryanto, Tri. 2009. Geografi untuk Kelas XII SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, S. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Chaer, Abdul. 2000. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chusnah, N. 2009. Analisis Buku Teks Geografi SMA Kelas X Semester II pada Materi Atmosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Geografi FMIPA Univesitas Negeri Malang.

Fatchan, A. 2007. Bidang Kajian Geografi, Manfaat dan Pembelajarannya di Sekolah. Makalah dipresentasikan pada Seminar Regional Geografi 17 November. Malang: HMJ Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Gorys Keraf. 1980. Tata Bahasa Indonesia. Ende-Flores: Nusa Indah.

Hartono, Agung Puji. 2006. Pengaruh Penggunaan Media Gambar dalam Buku Teks dan Sikap Anak Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas IV SDN Bendu I Pare, Kediri. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Prrogram Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Iriaji & Herawati, Ida Sri. 1999. Analisis Gambar Ilustrasi Pada Buku Teks Sekolah Dasar Kurikulum 1994. Jurnal Penelitian Kependidikan, 9 (2): 145-159.

MENDIKNAS. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Salinan tidak diterbitkan. Jakarta: DEPDIKNAS.

Natawidjaya, R. 1979. Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bunda Karya. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku. 2008. Jakarta:

Departemen Pendidikan.

Purba, Michael. 2002. Kimia 2B untuk SMU Kelas 2 Semester 2. Jakarta: Erlangga.

Purwanto. 2004. Penelitian Teks dan Konteks: Sebuah Perbandingan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14 (VIII): 109-132.

Purwanto, Edy. 1999. Desain Teks untuk Belajar Problem Solving. Jurnal IPS dan Pengajarannya, 33 (2): 284-297.

Purwanto, Edy. 2001. Mengkaji Buku Pelajaran IPS Geografi untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar. Jurnal IPS dan Pengajarannya, 34 (1): 24-34.

Purwanto, Edy. 2003. Pengaruh Pengorganisasian Teks Bidang Studi Geografi Model Beck dan McKeown, Kemampuan Membaca, dan Gaya Belajar terhadap Perolehan Belajar Membaca Siswa SLTP. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Putra, Made. 2002. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Balajar Pembelajaran PPKN Mahasiswa D-2 PGSD IKIP Negeri Singaraja. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Sitindaon, dkk. 1995. Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Media Cetak. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sulistyorini, Heni. 2006. Tingkat Keterbacaan Teks dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar

Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga di SMA Negeri I Kramat Kabupaten Tegal. Semarang: Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sumaatmadja, Nursid. 1981. Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan.

Bandung: Alumni.

Sumarmi & Purwanto, Edy. 2000. Pencitraan Bahan Ajar IPS-Geografi SLTP yang Disusun Berdasarkan Kurikulum 1994. Forum penelitian kependidikan, 12 (2): 181-192.

Susanto, Arif. 2010. Analisis Teks pada Materi Litosfer dan Pedosfer pada Buku Teks Pelajaran Geografi SMA Kelas X Terbitan PT Phibeta Aneka Gama. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Geografi FIS Univesitas Negeri Malang.

Tarigan, H. 1986. Telaah Nasional Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Tarigan, HG & Tarigan, Djago. 1990. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa. Universitas Negeri Malang. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Wardani, Wahyu. 2010. Analisis Teks Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPS Terpadu Kelas VII SMP/MTs Terbitan Depdiknas pada Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Gejala Atmosfer dan Hidrosfer Serta Pengaruhnya Bagi Kehidupan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Geografi FIS Univesitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v3i1.6856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial)
Mailing Address
Social Studies Department
Faculty Tarbiyah and Teacher Training
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jpips@uin-malang.ac.id
 


Creative Commons License

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

...............................................................................................................................................................

Indexed by:

Image result for garuda index