Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Kartu Pecahan

  • Mistam Fatmawati SD Negeri 6 Lenek

Abstract

Kartu pecahan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika pada materi penjumlahan pecahan yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika materi penjumlahan pecahan dengan menggunakan kartu pecahan pada siswa kelas V SDN 6 Lenek Kecamatan Lenek tahun pelajaran 2018/2019.Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 70 %, dapat meningkat menjadi 90 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan kartu pecahan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan ketuntasan mencapai 90  %.

Keywords: Kartu Pecahan, Prestasi Belajar
Abstract Viewed = 800 times
Download PDF = 571 times

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-31
How to Cite
Fatmawati, M. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Kartu Pecahan. NUSANTARA, 1(2), 49-61. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/249
Section
Articles